Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD/Paket A, SMP/Paket B, SMA/K/Paket C/) Post Test

Daftar Isi

 

  1. Bu Ani sedang mempelajari modul ajar prakarya pengolahan yang didapat dari Platform Merdeka Mengajar. Modul tersebut membahas teknik pengawetan dengan metode pengasinan. Contoh Salah satu kegiatan yang ada di modul ajar tersebut adalah cara membuat ikan asin secara tradisional. Sekolah Bu Ani berada di daerah pertanian yang jauh dari laut sehingga kesulitan untuk melakukan kegiatan yang sama dengan modul ajar tersebut. Salah satu hasil alam yang melimpah di daerah Bu Ani adalah sawi. Apa yang bisa dilakukan oleh Bu Ani terkait hal ini sehingga aktivitas pada modul ajar tersebut menjadi kontkestual?

  1. Mengajak peserta didik untuk tetap mempraktikan cara membuat ikan asin.

  2. Mengajak peserta didik untuk mempraktikkan cara membuat sawi asin.

  3. Mengajak peserta didik untuk studi wisata ke daerah pembuat ikan asin.

  4. Mengajak peserta didik untuk melihat tayangan video terkait pembuatan ikan asin.



  1. Mengapa penting untuk menciptakan lingkungan yang nyaman melalui budaya sekolah yang positif?

  1. Agar peserta didik tidak melanggar aturan sekolah.

  2. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

  3. Untuk menurunkan jumlah peserta didik yang bermasalah.

  4. Untuk menegakkan aturan sekolah dengan tegas

  1. Bu Ani sedang berdiskusi dengan teman guru kelas 1 dan 2. Mereka sedang mencoba untuk merancanng kegiatan pembelajaran selama setahun, namun mereka bingung harus memulai dari mana dan berpedoman pada dokumen yang mana sebagai langkah pertama mereka, mengingat sekolah mereka baru saja menyelesaikan revisi visi dan misi. Menurut Ibu dan Bapak dokumen pertama yang perlu mereka miliki sehingga modul pembelajaran yang dihasilkan sesuai dengan konteksnya adalah . . . .

  1. Dokumen Capaian Pembelajaran

  2. Dokumen panduan pengembangan Projek

  3. Dokumen Dimensi Profil Pelajar Pancasila

  4. Dokumen panduan pengembangan kurikulum

  1. Bagaimana pelaksanaan prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran yang kontekstual?

  1. Fokus pada salah satu materi penting saja

  2. Memperhatikan hubungan antar tujuan pembelajaran

  3. Fokus pada salah satu capaian kompetensi saja

  4. Memperhatikan kebutuhan belajar peserta didik

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan ketika menulis tujuan pembelajaran dengan alternatif kedua adalah …

  1. Mengidentifikasi kata kunci pada CP

  2. Mengelompokan hasil identifikasi sesuai kompetensi dan lingkup materinya

  3. Merumuskan tujuan pembelajaran

  4. Memetakan Alur Tujuan Pembelajaran

  1. Kompetensi dan lingkup materi pada Tujuan Pembelajaran didapat dari hasil analisa:

  1. Capaian Pembelajaran, baik umum atau per elemen

  2. Alur Tujuan Pembelajaran

  3. Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

  4. Kebutuhan siswa yang dikaitkan dengan Capaian Pembelajaran

  1. Metode pengurutan yang meningkatkan standar performa sekaligus mengurangi bantuan secara bertahap merupakan penjelasan metode dalam penyusunan ATP yaitu…

  1. Pengurutan Deduktif

  2. Pengurutan Hierarki

  3. Pengurutan Prosedural 

  4. Scaffolding

  1. Bu Maria mengajar IPS di Fase D. Saat menyusun ATP, Bu Maria dan rekan guru IPS dari kelas 7-9 mengatur agar tujuan pembelajaran yang lebih komleks di ajarkan di kelas 8 dan 9. Mereka memfokuskan kelas 7 untk pembelajaran yang lebih sederhana agar ada ruang bagi gur kelas 7 untuk membimbing murid-murid yang masih menyesuaikan dari fase C ke fase D.

    Metode pengurutan yang dilakukan oleh Bu Maria dan timnya adalah…

  1. Scaffolding

  2. Pengurutan Deduktif

  3. Pengurutan dari mudah ke yang lebih sulit

  4. Pengurutan dari yang konkret ke yang abstrak

  1. Budaya sekolah itu merupakan pola asumsi-asumsi dasar, nilai, norma, dan keyakinan yang dipegang bersama oleh seluruh warga sekolah

  1. Benar

  2. Salah

  1. Berikut ini yang perlu dihindari dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran adalah . . . .

  1. Kemampuan prasyarat yang perlu dipelajari peserta didik untuk menguasai kompetensi pada Capaian Pembelajaran

  2. Ada penjabaran konsep, keterampilan dan konten inti yang diperlukan untuk mencapai Capaian Pembelajaran

  3.  Tujuan Pembelajaran disampaikan dengan bahasa/istilah yang mudah dipahami.

  4. Tujuan pembelajaran dirumuskan oleh guru secara mandiri tanpa melibatkan guru lain pada fase yang sama

  1. Berikut ini yang BUKAN merupakan alternatif dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran adalah . . . .

  1.  Merumuskan tujuan pembelajaran secara langsung berdasarkan CP.

  2. Merumuskan tujuan pembelajaran dengan menganalisis kompetensi dan lingkup Materi pada CP.

  3. Merumuskan tujuan pembelajaran Lintas Elemen CP.

  4. Merumuskan tujuan pembelajaran sesuai dengan keinginan pendidik

  1. Dalam penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran Matematika, Pak Andi memulai dari Tujuan Pembelajaran mengenali benda geometris, kemudian dilanjutkan dengan Tujuan Pembelajaran mengenai aturan teori objek geometris tersebut. Metode penyusunan ATP yang digunakan oleh Pak Andi adalah . . . .

  1. Pengurutan konkret - abstrak

  2. Pengurutan deduktif

  3. Pengurutan prosedural

  4. Pengurutan mudah - sulit

  1. Berikut ini yang BUKAN merupakan informasi yang bisa ditemukan pada Capaian pembelajaran adalah . . . .

  1. Konten materi yang perlu dikuasai oleh peserta didik

  2. Kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didik

  3. Tujuan akhir pembelajaran yang harus dicapai peserta didik

  4. Jenis asesmen yang harus diberikan kepada peserta didik

  1. Bagaimana pelaksanaan prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran yang berkesinambungan?

  1. Mempertimbangkan kebutuhan peserta didik

  2. Fokus pada materi penting saja

  3. Memperhatikan hubungan antar tujuan pembelajaran

  4. Ketiga jawaban di atas benar

  1. Level taksonomi Marzano yang tertinggi adalah

  1. Pemahaman

  2. Analisis

  3. Sistem diri

  4. Metakognisi 

  1. Dalam pembelajaran Fisika, Bu Sara menyusun Alur Tujuan Pembalajaran dimulai dari mengenal satuan internasional, vektor, Gerak Lurus Beraturan, Gerak Lurus Berubah Beraturan. Metode pengurutan yang dilakukan oleh Bu Sara adalah . . . .

  1. Pengurutan konkret - abstrak

  2. Pengurutan deduktif

  3. Pengurutan hierarki

  4. Pengurutan mudah - sulit

  1. Dalam penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran geografi, Pak Andi memulai dari Tujuan Pembelajaran mengenai peta secara umum sebelum melanjutkan dengan Tujuan Pembelajaran mengenai peta-peta tematik. Metode penyusunan ATP yang digunakan oleh Pak Andi adalah . . . .

  1. Pengurutan konkret - abstrak

  2. Pengurutan deduktif

  3. Pengurutan prosedural

  4. Pengurutan mudah - sulit

  1. Perhatikan visi Satuan Pendidikan berikut :
    Mencetak lulusan yang cerdas, unggul dalam IPTEK dan berwawasan global dengan berlandaskan Pancasila

    Berdasarkan visi diatas, maka disusunlah beberapa misi satuan Pendidikan. Misi Satuan Pendidikan yang kurang relevan dengan Visi di atas adalah . . . .

  1. Melaksanakan program pembelajaran aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan dengan pendekatan STEAM

  2. Mengembangkan kemampuan literasi digital peserta didik melalui perpustakaan digital.

  3. Membudayakan hidup disiplin, berjiwa sosial, berbudi pekerti luhur sesuai dengan nilai-nilai Pancasila

  4. Menumbuhkan kesadaran akan lingkungan melalui program cinta lingkungan

  1. Tujuan Pembelajaran sebaiknya memuat . . . .

  1. Kompetensi dan lingkup materi

  2. Kompetensi dasar dan Kompetensi Inti

  3.  Capaian Pembelajaran dan Kompetensi

  4.  Capaian pembelajaran dan lingkup materi

  1. Perhatikan langkah dalam penyusunan visi dan misi sekolah berikut:

1. Wawancara.

2. Pemilihan informasi yang relevan.

3. Analisis karakteristik atau konteks sekolah.

4. Merumuskan misi sekolah.

5. Merumuskan visi sekolah.

Urutan yang tepat dalam menyusun visi dan misi sekolah adalah....

  1. 1-2-3-4-5.

  2. 1-2-3-5-4.

  3. 2-1-3-5-4.

  4. 2-1-5-4-3.

  5. 1-3-2-4-5.

  1. Untuk mengajarkan pembagian kepada peserta didik, Bu Sara mengajarkan pengurangan kepada peserta didik . Metode pengurutan konten yang dilakukan oleh Bu Sara adalah . . . .

  1. Pengurutan konkret - abstrak

  2. Pengurutan deduktif

  3. Pengurutan hierarki

  4. Pengurutan mudah - sulit

  1. Hal yang perlu dilakukan sebelum menyusun alur tujuan pembelajaran adalah ....

  1. Menentukan metode pembelajaran

  2. Menentukan rencana asesmen

  3. Menentukan kedalaman materi

  4. Mempelajari dan menguraikan CP

  5. Menentukan produk akhir

  1. Lingkungan belajar yang nyaman dapat diwujudkan dengan mewujudkan Budaya Sekolah yang positif. Berikut yang bukan merupakan Faktor yang mempengaruhi Budaya Sekolah yang positif adalah . . . .

  1. Asumsi - asumsi dasar yang dipegang oleh seluruh warga sekolah

  2. Norma yang berlaku di lingkungan masyarakat

  3. Keyakinan yang dipegang oleh seluruh warga sekolah

  4. Asumsi pribadi dari salah satu pemangku kepentingan

Posting Komentar