Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD/Paket A, SMP/Paket B, SMA/K/Paket C/) Post Test
Bu Ani sedang mempelajari modul ajar prakarya pengolahan yang didapat dari Platform Merdeka Mengajar. Modul tersebut membahas teknik pengawetan dengan metode pengasinan. Contoh Salah satu kegiatan yang ada di modul ajar tersebut adalah cara membuat ikan asin secara tradisional. Sekolah Bu Ani berada di daerah pertanian yang jauh dari laut sehingga kesulitan untuk melakukan kegiatan yang sama dengan modul ajar tersebut. Salah satu hasil alam yang melimpah di daerah Bu Ani adalah sawi. Apa yang bisa dilakukan oleh Bu Ani terkait hal ini sehingga aktivitas pada modul ajar tersebut menjadi kontkestual?
Mengajak peserta didik untuk tetap mempraktikan cara membuat ikan asin.
Mengajak peserta didik untuk mempraktikkan cara membuat sawi asin.
Mengajak peserta didik untuk studi wisata ke daerah pembuat ikan asin.
Mengajak peserta didik untuk melihat tayangan video terkait pembuatan ikan asin.
Mengapa penting untuk menciptakan lingkungan yang nyaman melalui budaya sekolah yang positif?
Agar peserta didik tidak melanggar aturan sekolah.
Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Untuk menurunkan jumlah peserta didik yang bermasalah.
Untuk menegakkan aturan sekolah dengan tegas
Bu Ani sedang berdiskusi dengan teman guru kelas 1 dan 2. Mereka sedang mencoba untuk merancanng kegiatan pembelajaran selama setahun, namun mereka bingung harus memulai dari mana dan berpedoman pada dokumen yang mana sebagai langkah pertama mereka, mengingat sekolah mereka baru saja menyelesaikan revisi visi dan misi. Menurut Ibu dan Bapak dokumen pertama yang perlu mereka miliki sehingga modul pembelajaran yang dihasilkan sesuai dengan konteksnya adalah . . . .
Dokumen Capaian Pembelajaran
Dokumen panduan pengembangan Projek
Dokumen Dimensi Profil Pelajar Pancasila
Dokumen panduan pengembangan kurikulum
Bagaimana pelaksanaan prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran yang kontekstual?
Fokus pada salah satu materi penting saja
Memperhatikan hubungan antar tujuan pembelajaran
Fokus pada salah satu capaian kompetensi saja
Memperhatikan kebutuhan belajar peserta didik
Langkah pertama yang harus dilakukan ketika menulis tujuan pembelajaran dengan alternatif kedua adalah …
Mengidentifikasi kata kunci pada CP
Mengelompokan hasil identifikasi sesuai kompetensi dan lingkup materinya
Merumuskan tujuan pembelajaran
Memetakan Alur Tujuan Pembelajaran
Kompetensi dan lingkup materi pada Tujuan Pembelajaran didapat dari hasil analisa:
Capaian Pembelajaran, baik umum atau per elemen
Alur Tujuan Pembelajaran
Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran
Kebutuhan siswa yang dikaitkan dengan Capaian Pembelajaran
Metode pengurutan yang meningkatkan standar performa sekaligus mengurangi bantuan secara bertahap merupakan penjelasan metode dalam penyusunan ATP yaitu…
Pengurutan Deduktif
Pengurutan Hierarki
Pengurutan Prosedural
Scaffolding
Bu Maria mengajar IPS di Fase D. Saat menyusun ATP, Bu Maria dan rekan guru IPS dari kelas 7-9 mengatur agar tujuan pembelajaran yang lebih komleks di ajarkan di kelas 8 dan 9. Mereka memfokuskan kelas 7 untk pembelajaran yang lebih sederhana agar ada ruang bagi gur kelas 7 untuk membimbing murid-murid yang masih menyesuaikan dari fase C ke fase D.
Metode pengurutan yang dilakukan oleh Bu Maria dan timnya adalah…
Scaffolding
Pengurutan Deduktif
Pengurutan dari mudah ke yang lebih sulit
Pengurutan dari yang konkret ke yang abstrak
Budaya sekolah itu merupakan pola asumsi-asumsi dasar, nilai, norma, dan keyakinan yang dipegang bersama oleh seluruh warga sekolah
Benar
Salah
Berikut ini yang perlu dihindari dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran adalah . . . .
Kemampuan prasyarat yang perlu dipelajari peserta didik untuk menguasai kompetensi pada Capaian Pembelajaran
Ada penjabaran konsep, keterampilan dan konten inti yang diperlukan untuk mencapai Capaian Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran disampaikan dengan bahasa/istilah yang mudah dipahami.
Tujuan pembelajaran dirumuskan oleh guru secara mandiri tanpa melibatkan guru lain pada fase yang sama
Berikut ini yang BUKAN merupakan alternatif dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran adalah . . . .
Merumuskan tujuan pembelajaran secara langsung berdasarkan CP.
Merumuskan tujuan pembelajaran dengan menganalisis kompetensi dan lingkup Materi pada CP.
Merumuskan tujuan pembelajaran Lintas Elemen CP.
Merumuskan tujuan pembelajaran sesuai dengan keinginan pendidik
Dalam penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran Matematika, Pak Andi memulai dari Tujuan Pembelajaran mengenali benda geometris, kemudian dilanjutkan dengan Tujuan Pembelajaran mengenai aturan teori objek geometris tersebut. Metode penyusunan ATP yang digunakan oleh Pak Andi adalah . . . .
Pengurutan konkret - abstrak
Pengurutan deduktif
Pengurutan prosedural
Pengurutan mudah - sulit
Berikut ini yang BUKAN merupakan informasi yang bisa ditemukan pada Capaian pembelajaran adalah . . . .
Konten materi yang perlu dikuasai oleh peserta didik
Kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didik
Tujuan akhir pembelajaran yang harus dicapai peserta didik
Jenis asesmen yang harus diberikan kepada peserta didik
Bagaimana pelaksanaan prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran yang berkesinambungan?
Mempertimbangkan kebutuhan peserta didik
Fokus pada materi penting saja
Memperhatikan hubungan antar tujuan pembelajaran
Ketiga jawaban di atas benar
Level taksonomi Marzano yang tertinggi adalah
Pemahaman
Analisis
Sistem diri
Metakognisi
Dalam pembelajaran Fisika, Bu Sara menyusun Alur Tujuan Pembalajaran dimulai dari mengenal satuan internasional, vektor, Gerak Lurus Beraturan, Gerak Lurus Berubah Beraturan. Metode pengurutan yang dilakukan oleh Bu Sara adalah . . . .
Pengurutan konkret - abstrak
Pengurutan deduktif
Pengurutan hierarki
Pengurutan mudah - sulit
Dalam penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran geografi, Pak Andi memulai dari Tujuan Pembelajaran mengenai peta secara umum sebelum melanjutkan dengan Tujuan Pembelajaran mengenai peta-peta tematik. Metode penyusunan ATP yang digunakan oleh Pak Andi adalah . . . .
Pengurutan konkret - abstrak
Pengurutan deduktif
Pengurutan prosedural
Pengurutan mudah - sulit
Perhatikan visi Satuan Pendidikan berikut :
Mencetak lulusan yang cerdas, unggul dalam IPTEK dan berwawasan global dengan berlandaskan Pancasila
Berdasarkan visi diatas, maka disusunlah beberapa misi satuan Pendidikan. Misi Satuan Pendidikan yang kurang relevan dengan Visi di atas adalah . . . .
Melaksanakan program pembelajaran aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan dengan pendekatan STEAM
Mengembangkan kemampuan literasi digital peserta didik melalui perpustakaan digital.
Membudayakan hidup disiplin, berjiwa sosial, berbudi pekerti luhur sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
Menumbuhkan kesadaran akan lingkungan melalui program cinta lingkungan
Tujuan Pembelajaran sebaiknya memuat . . . .
Kompetensi dan lingkup materi
Kompetensi dasar dan Kompetensi Inti
Capaian Pembelajaran dan Kompetensi
Capaian pembelajaran dan lingkup materi
Perhatikan langkah dalam penyusunan visi dan misi sekolah berikut:
1. Wawancara.
2. Pemilihan informasi yang relevan.
3. Analisis karakteristik atau konteks sekolah.
4. Merumuskan misi sekolah.
5. Merumuskan visi sekolah.
Urutan yang tepat dalam menyusun visi dan misi sekolah adalah....
1-2-3-4-5.
1-2-3-5-4.
2-1-3-5-4.
2-1-5-4-3.
1-3-2-4-5.
Untuk mengajarkan pembagian kepada peserta didik, Bu Sara mengajarkan pengurangan kepada peserta didik . Metode pengurutan konten yang dilakukan oleh Bu Sara adalah . . . .
Pengurutan konkret - abstrak
Pengurutan deduktif
Pengurutan hierarki
Pengurutan mudah - sulit
Hal yang perlu dilakukan sebelum menyusun alur tujuan pembelajaran adalah ....
Menentukan metode pembelajaran
Menentukan rencana asesmen
Menentukan kedalaman materi
Mempelajari dan menguraikan CP
Menentukan produk akhir
Lingkungan belajar yang nyaman dapat diwujudkan dengan mewujudkan Budaya Sekolah yang positif. Berikut yang bukan merupakan Faktor yang mempengaruhi Budaya Sekolah yang positif adalah . . . .
Asumsi - asumsi dasar yang dipegang oleh seluruh warga sekolah
Norma yang berlaku di lingkungan masyarakat
Keyakinan yang dipegang oleh seluruh warga sekolah
Asumsi pribadi dari salah satu pemangku kepentingan
Posting Komentar