Membuat Monetisasi Blog Anda dengan AdSense 2023

Daftar Isi

Pada awal pembuatan blog crba.web.id dimulai pada tanggal 18 Maret 2023 yang mana postingan pertama dan kedua dibuat untuk ujicoba apakah membuat blog telah berhasil ataupun belum. Sebelum membuat blog, admin crba.web.id membuat domain tanpa hosting di rumahweb yang mana dianggap murah. Kenapa dianggap cukup murah, karena pembelian domain tersebut 60.000 (enam puluh ribu rupiah) per tahun. Pembelian di rumah web pada tanggal yang sama dengan pembuatan blogger, hanya beda jam saja. 

sumber : https://blog.google/products/adsense/


Setelah melakukan pembelian admin crba.web.id bertanya kepada technical support - online di rumah web tersebut. Dipandu beberapa kali, walaupun ada beberapa yang diwajibkan baca oleh technical supportnya. Nah dengan giatnya dalam blogger ini, maka admin crba.web.id setelah memposting kurang lebih 4 sampai 6 artikel dilanjutkan mendaftar ke akun AdSense di google. Admin pada tanggal 25 Maret 2023 telah berhasil mendaftarkan ke google "Adsense dengan ucapan Selamat data di AdSense. Mari memulai. Kembangkan bisnis Anda dengan google AdSense". Hal ini membuat admin sangat semangat untuk selalu memposting, walaupun 6 postingan pertama yang membaca adalah admin sendiri 😁😁😁😁. 

Disaat 6 postingan pertama, kedua, ketiga. Saya sendiri langsung memposting artikel yang bisa mendapatkan pembaca yang cukup banyak. Dengan postingan ke empat dan seterusnya sangat antusias sekali, apalagi saat postingan  ke 9 (sembilan) yang membaca langsung di atas 100 dalam waktu tidak ada 4 hari. Tentu saja saja sangat senang sekali dimana postingan artikel yang membaca sangat banyak dan diluar perkiraan saya. 

Pada posting artikel ke 29 (duapuluh sembilan) artikel, seorang teman blogger menyarankan untuk ganti template blogger. Kemudian dikasih template oleh seorang teman yang sudah lama menjadi blogger sejati. Template tersebut adalah template berbayar. Kemudian saya merubah template tersebut, kemudian di edit beberapa tampilan. Walaupun template tersebut sangat sederhana, tapi saya menyukai template tersebut. Saya selalu menanyakan beberapa hal terhadap beliau.

Pertanyaannya adalah bagaimana cara memonitasi (monetisasi) agar segera disetujui, jawabanya asal banyak pengunjung dan sering posting artikel agar pengunjung bertambah banyak. Dari situ saya menambah beberapa artikel yang menjadi pokok perhatian. Dan tidak dijelaskan jumlah pengunjung berapa dan jumlah artikel berapa.

Setelah melakukan tanya jawab, yang saya lakukan adalah bagaimana cara membuat AdSense tersebut segera disetujui. Agar tidak ganti-ganti komputer, akhirnya membeli laptop agar bisa digunakan untuk membuat artikel dan memantau AdSense. Menggunakan salah satu browser yang support, akhirnya dibuat bookmark dengan beberapa URL penting bagi saya, yaitu AdSense, Blogger, Gmail, Gdrive, Console Google, RumahWeb dan tentu saja alamat website saya CRBA.WEB.ID. 

Nah cerita fokus bagaimana agar di Monetasinya, pada tanggal 5 April 2023 saya mendapatkan email dari google AdSense untuk memperbaiki beberapa masalah agar situ siap menggunakan Adsense. Bingung yang diperbaiki apa, apakah ada artikel yang salah atau bagaimana? Setelah dibaca-baca saya pada tanggal 18 April 2023 juga mendapatkan pesan dari google search consule bahwa  "Search Console telah mengidentifikasi bahwa situs Anda terpengaruh oleh 2 masalah Pengindeksan halaman. Kami menemukan masalah berikut di situs Anda. Sebaiknya perbaiki masalah ini jika memungkinkan untuk mendapatkan pengalaman dan cakupan yang optimal di Google Penelusuran. Masalah Teratas. Halaman alternatif dengan tag kanonis yang tepat dan Tidak ditemukan (404)" . Setelah dicek ternyata yang 404 adalah artikel yang digunakan untuk ujicoba membuat blogger pertama kali.

Setelah masuk hari ke 57 lebih tepatnya tanggal 14 Mei 2023 mendapatkan info kalau jumlah yang mencari artikel yang saya tulis sudah tembus ke 600 pembaca, tetapi AdSense belum aktif, dimana terdapat keterangan status ads.txt tidak diketemukan, dan terjadi penolakan oleh AdSense. Dimana penolakan tersebut harus ada perbaikan, penolakan pertama pada tanggal 10 Mei 2023 melalui AdSense dan GMAIL. Kemudian dibaca baca penolakannya karena apa. Disitu tidak cukup jelas atau saya yang belum mudeng tentang Monetasasi Blog. Berikut ini merupakan hasil rangkuman pembaca mulai dari 14 Mei sampai 23 Mei 2023

  1. 14 Mei 2023 diinformasikan sudah ada 600 klik
  2. 15 Mei 2023 diinformasikan sudah ada 700 klik
  3. 17 Mei 2023 diinformasikan sudah ada 800 klik
  4. 19 Mei 2023 diinformasikan sudah ada 900 klik
  5. 22 Mei 2023 sore hari diinformasikan sudah ada 982 klik terjadi lagi penolakan dari AdSense, dan dilakukan perbaikan lagi 
  6. 22 Mei 2023 tengah malam diinformasikan sudah ada 1000 klik
  7. 23 Mei 2023 pukul 00:43 diinformasikan sudah ada 1010 klik (1.01K) 
Nah pada tanggal 23 Mei 2023 pukul 00:43  diinformasikan melalui email bahwa "SITUS ANDA KINI SIAP MENAYANGKAN IKLAN ADSENSE" tentu hal ini sangat menggembirakan. Ternyata artikel tidak harus setiap hari menulis artikel, melainkan membuat artikel yang siap dibaca atau digemari oleh banyak orang. Pada tanggal 19 Mei 2023 itu adalah artikel ke 36 dan pengunjung sudah lebih dari 1.000. Kemudian posting artikel ke 37 adalah artikel yang anda baca saat ini. 

Semoga untuk teman teman yang ingin memulai membuat blog, pesan saya jangan sampai artikel anda copy paste dan membuat artikel yang digemari oleh banyak orang agar selalu dikunjungi. Dan tentunya mendaftar ke AdSense. Tidak usah khawatir kalau sering mendapatkan penolahkan dari AdSense. Ini saya terjadi penolakan kurang lebih 2 sampai 3 kali penolakan baru berhasil.

Semangat yang teman2 yang baru menjadi blogger seperti admin crba.web.id🙏🙏🙏. Semoga anda semua bisa mendapatkan 💲💲

Posting Komentar