Post Test Merdeka Mengajar Asesmen Mandiri: Evaluasi dan Tindak Lanjut
Secara khusus memberikan gambaran seperti apa pelaksanaan projek profil di satuan pendidikan. Penentuan fasilitator, Identifikasi kesiapan satuan pendidikan, Peran guru sebagai fasilitator, Tahap observasi murid, Pelaksanaan asesmen, Refleksi diri murid hingga Presentasi publik dan Evaluasi. Pelaksanaan projek profil harus berpusat pada peserta didik dan kontekstual. Dalam contoh pemodelan projek profil ini sekolah berada pada tahap berkembang. Ibu dan Bapak silakan dapat menyesuaikan dengan tahap kesiapan satuan pendidikan masing-masing.
Fungsi asesmen adalah sebagai alat untuk memudahkan para pihak, terutama guru dalam mendeskripsikan perkembangan murid selama menjalankan projek. Sedangkan tujuan asesmen adalah untuk...
Menentukan bagus tidaknya projek
Mengetahui kebutuhan guru
Memberikan umpan balik atas kegiatan pembelajaran murid
Menguji kepercayaan diri murid
Presentasi hasil karya merupakan salah satu ruang asesmen bagi murid untuk dapat mempresentasikan proses dan karya projeknya. Berikut adalah manfaat presentasi hasil karyanya bagi murid, kecuali...
Mempertanggungjawabkan projek kepada komunitas belajar
Membiasakan diri untuk berargumen
Meningkatkan kepercayaan diri
Mengakhiri proses berprojek
Evaluasi dan rencana tindak lanjut merupakan tahap akhir dalam langkah-langkah projek profil yang bertujuan untuk menilai keseluruhan proses projek. Sebelum melakukan evaluasi ada beberapa hal pokok yang harus dipahami bersama. Berikut adalah hal-hal pokok yang dimaksud kecuali?
Prinsip dalam evaluasi
Perencanaan evaluasi
Metode evaluasi
Peran pengawas satuan pendidikan
Pelaksanaan evaluasi projek profil dilakukan dengan memperhatikan prinsip evaluasi. Berikut ini merupakan prinsip evaluasi projek profil, kecuali?
Menyeluruh
Fokus pada proses
Melibatkan murid
Percaya diri sendiri
Hasil evaluasi merupakan salah satu bahan pertimbangan yang penting dalam menentukan rencana tindak lanjut dari projek profil. Salah satu berikut ini merupakan contoh kegiatan tindak lanjut dari proses projek profil?
Memperbaiki sarana dan prasarana pendukung projek
Menjalin kerjasama dengan pihak mitra di luar satuan pendidikan
Meningkatkan kompetensi para guru
Mereproduksi projek terbaik karya para murid
Dalam kesempatan assesmen, murid dapat mempresentasikan materi projeknya. Poin-poin presentasi dapat terdiri dari latar belakang, proses riset, eksperimen dan produksi, dan refleksi. Apa isi dari poin latar belakang yang dipresentasikan murid?
Refleksi murid atas keadaan lingkungan sekitar sehingga menjadi dasar/acuan dalam berprojek
Proses melakukan kajian data
Penyusunan rencana pembelajaran
Penyusunan rencana anggaran produksi
Salah satu prinsip evaluasi proses pelaksanaan projek profil adalah “menyeluruh”. Apa artinya “menyeluruh” dalam hal ini?
Mencakup semua aspek kebutuhan dan minat
Mencakup semua aspek proses projek profil
Mencakup semua faktor pendukung projek murid
Semuanya salah
Berikut ini adalah aspek projek profil yang menjadi objek evaluasi?
Proses pembelajaran murid
Proses pembelajaran pendidik atau guru
Kesiapan satuan pendidikan
Semuanya benar
Komprehensif merupakan prinsip yang harus diperhatikan dalam menyusun instrumen asesmen. Apa artinya komprehensif dalam menyusun instrumen asesmen?
Memahami tujuan asesmen
Melibatkan pihak lain
Mengelaborasi paradigma pembelajaran berbasis projek
Memanfaatkan jurnal sebagai dasar penilaian
Murid merupakan salah satu pelaku yang harus aktif terlibat dalam mengevaluasi proses projek profil. Apa peran yang dilakukan guru dalam kegiatan evaluasi bersama murid?
Sebagai motivator
Sebagai mentor
Sebagai fasilitator
Semuanya benar
Posting Komentar