Post Test Fasilitator Pembelajaran
Post Test Fasilitator Pembelajaran terdapat 6 modul diantaranya
adalah Refleksi Awal Pendidik, Teori Coaching, Praktik Coaching, Teori
Fasilitasi, Praktik Fasilitasi, Mari kita ingat lagi. Untuk soal soal pada
topik Fasilitator Pembelajaran sebagai berikut:
1.
Sebagai seorang fasilitator, guru harus dapat
memberikan ruang kepada peserta didik untuk mengekspresikan ketertarikan,
semangat dan
kreativitasnya.
Pernyataan di atas adalah..
Benar
Salah
2.
Ketika kita mengatakan bahwa pendidik berperan sebagai
fasilitator pembelajaran, ini berarti bahwa pendidik
hendaknya membantu ............ proses dan memberdayakan peserta didik dalam
mencapai tujuan belajar.
Kata yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas adalah..
Memudahkan
Menggapai
Memberikan
Semua salah
3.
Bagaimana cara agar kita dapat memfasilitasi tujuan
dan kebutuhan belajar peserta didik melalui komunikasi yang
memberdayakan? Berikut adalah jawaban yang tepat, KECUALI.....
Menyampaikan konten belajar dengan cara yang beragam
sesuai kebutuhan murid
Memahami hak anak, murid sebagai subjek belajar.
Memahami hak anak, murid sebagai objek belajar.
Melakukan refleksi secara rutin terkait makna dari
belajar untuk diri sendiri dan hal-hal apa saja untuk menumbuhkan minat belajar
murid.
4.
Pernyataan di
bawah ini adalah benar, KECUALI....
Dalam praktik fasilitator peserta didik terlibat aktif
dalam prosesnya
Guru harus menyediakan ruang untuk murid terus
berkembang
Guru bukan hanya bertugas memberikan materi, dan murid
menerima
Fasilitator pembelajaran berarti proses tidak penting,
yang penting adalah hasil akhirnya.
5. Apa
prinsip dan pola pikir yang dibutuhkan dalam melakukan komunikasi yang
memberdayakan?
Tidak mudah percaya pada potensi murid.
Memberikan ruang-ruang diskusi dan dialog
Menolak semua pendapat murid
Semua salah
6. Keterampilan
apa yang perlu dimiliki seorang pendidik dalam membangun komunikasi yang
memberdayakan?
Mendengarkan
Menggali pendapat murid
Membangun kesadaran diri untuk mempunyai prinsip dan
mindset komunikasi yang memberdayakan
Semua benar
7. Dalam
coaching kita perlu memberikan dan memaksakan pendapat kita agar anak dapat
terbantu dalam berpikir menentukan masa depannya.
Pernyataan di atas adalah..
Benar
Salah
8. Saat
menjadi coach, apa yang harus guru lakukan? Semua jawaban di bawah ini adalah benar,
KECUALI....
Guru mendengarkan untuk memahami kondisi murid
Guru yang berasumsi menjawab semua keinginan murid
Guru melontarkan pertanyaan agar peserta didik
mendapatkan kesadaran baru akan situasi yang sedang dihadapi dan situasi yang
ia inginkan di masa depan.
Semua Salah
9. Yang
bukan merupakan tiga kompetensi inti coaching yang perlu dikuasai oleh guru
adalah:
Kemampuan berbicara
aktif
Kehadiran Penuh/Presence
Mendengarkan Aktif/menyimak
Mengajukan Pertanyaan Berbobot
10. Kompetensi
ini adalah kemampuan untuk bisa hadir utuh bagi peserta didik baik secara
badan, pikiran, dan hati agar selaras dengan murid saat sedang melakukan
percakapan. Kemampuan ini merupakan salah satu dari kemampuan inti coaching
yaitu ...
Kemampuan berbicara aktif
Kehadiran Penuh/Presence
Mendengarkan Aktif/menyimak
Mengajukan Pertanyaan Berbobot
11. Dalam coaching, kita menganggap murid adalah mitra
kita. Murid dianggap mampu untuk
menemukan sendiri bagaimana ia dapat mewujudkan situasi yang ia inginkan di
masa depan.
Pernyataan di atas adalah..
Benar
Salah
12. Dalam
percakapan coaching, fokus dan pusat komunikasi adalah pada peserta didik,
yaitu sebagai mitra bicara. Sebagai
seorang guru kita harus mengesampingkan penilaian/penghakiman/pelabelan/asumsi.
Kemampuan ini merupakan salah satu dari kemampuan inti coaching , yaitu...
Kemampuan berbicara aktif
Kehadiran Penuh/Presence
Mendengarkan Aktif/Menyimak
Mengajukan Pertanyaan Berbobot
13. Berikut
adalah kalimat yang merupakan penerapan paradigma berpikir coaching, yaitu...
Apa yang membuat kamu takut tidak menang?
Ibu lihat kamu ragu-ragu. Apa betul seperti itu?
Senang ya? Apa yang buat kamu merasa senang?
Wah gambar kamu mirip sekali ya dengan aslinya ....
Ibu sampai bisa membayangkan ada di dalam laut sana.
14. Guru
yang berperan sebagai coach dapat melakukan percakapan yang memberdayakan untuk
mengoptimalkan potensi peserta didik. Yang manakah yang BUKAN pertanyaan
memberdayakan potensi peserta didik?
Menurut kamu, apa sih keadilan itu?
Ibu lihat kamu ragu-ragu, apa benar seperti itu?
Kamu pasti tidak suka kan dengan keadaan seperti ini?
Bagaimana kita dapat tahu yang mana hak dan kewajiban?
15. Saat
guru memfasilitasi muridnya, seperti apakah bentuk pertanyaan yang dapat
dilontarkan untuk mengajak murid berefleksi?
Menurut kamu, apa yang bikin kamu merasa belum
menguasai satu bidang itu?
Kenapa kamu merasa soal begini saja susah?
Apa yang mau kamu lakukan habis ini? Kamu yakin kamu
bisa?
Semua salah
16. Gustaf
: Kata bapak ibu saya, lebih baik saya rajin belajar matematika dan IPA,
bu daripada menggambar. Bisa gambar tidak bisa buat beli beras, bu katanya.
Jelita: Wah, sepertinya memang susah sih kalau orang tuamu sudah berpikir
begitu, kamu akan berat sepertinya.
Pernyataan Bu Jelita di atas adalah merupakan salah satu pernyataan yang
menghambat untuk menjadi pendengar aktif saat mempraktikkan coaching,
yaitu...
Asumsi
Asosiasi
Menyetujui
Menghakimi
17. Sesuai dengan definisi coaching menurut International
Coaching Federatioan, tujuan coaching adalah
untuk ... coachee.
Mencapai target (salah)
Mengatasi tantangan
Memecahkan masalah
Mengoptimalkan potensi
18. Sebagai coach, maka guru TIDAK berfokus pada masalah
peserta didik, kemudian ia dapat mendorong peserta didik untuk berani mencoba.
Kalimat yang sesuai dengan pernyataan di atas
adalah ...
Lalu, apa yang bisa kamu lakukan untuk membuat
kucing-kucing ini bisa diadopsi?
Kamu pasti bingung karena terlalu gegabah membuat
keputusan. Berarti kamu harusnya berfikir dulu sebelum bertindak.
Oh iya, sekolah tidak mungkin menampung kucing-kucing
ini jadi kamu pastikan pulang sekolah nanti sudah ada solusinya ya. (Ragu-ragu)
Semua salah
19. Saat
mengajukan pertanyaan selama proses coaching, sebaiknya kita
menghindari kata tanya yang bersifat menghakimi. Berikut adalah kata tanya
yang TIDAK tepat, yaitu...
Apa
Bagaimana
Di mana
Mengapa
20. Bapak lihat kamu ada 5 pertanyaan, yang tidak bisa.
Ini memang susah sih ya.. kamu kesulitan ya sepertinya.
Pernyataan di atas adalah merupakan salah satu pernyataan yang menghambat untuk
menjadi pendengar aktif saat mempraktikkan coaching,
yaitu...
Asumsi
Asosiasi
Menyetujui
Menghakimi
21. Vera: "Saya awalnya kasihan jadi saya bawa
kucingnya, meskipun setelahnya saya terus bingung".
Pak Romi: "Apa yang membuat kamu bingung?"
Vera: "Saya bingung apakah saya melakukan hal yang benar karena sampai
saat ini saya sendiri gak
tahu harus bagaimana dengan kucing-kucing ini."
Sebagai seorang coach bagaimana sebaiknya reaksi Pak Romi?
Ya sudah, bawa saja kucingnya atau kembalikan sajalah
ke pasar.
Bagaimana kalau kita cari saja yang mau mengadopsi
kucingnya, ya.
Oh kamu bingung, memangnya kamu ingin kucing-kucing
ini mempunyai keadaan yang bagaimana?
Coba, kamu jangan mengandalkan perasaan. Coba
dipikir-pikir lagi deh, kamu mampu merawat kucingnya?
22. Nah saya
amati, dari buku latihan soal ini, AWAN sudah menunjukkan penguasaan atas 3
bidang tadi. Tapi, kenapa yang lain Awan tidak bisa? Susah, ya?
Pertanyaan di atas yang dilontaskan guru adalah...
Tepat, agar anak dapat berefleksi
Tidak tepat, karena terkesan menghakimi anak saat
tidak bisa mengerjakan soal
Tepat, karena sudah sesuai dengan prinsip mendengarkan
Semua salah
23. Ibu Hana sedang melakukan praktik coaching terhadap
Sara. bu Hana mengulang kata kunci yang diucapkan oleh Sara sebelum bertanya
untuk menggali.
Ini merupakan bagian dari mendengarkan dengan RASA, tahapan ....
Ask
Receive
Appreciate
Summarize
24. Tugas
Guru adalah menuntun,yaitu memfasilitasi peserta didik berproses dalam
membangun kemandirian untuk
mewujudkan tujuan belajar yang bermakna.
Pernyataan di atas adalah..
Benar
Salah
25. Keterampilan
fasilitasi seperti menyimak, bertanya, mengonfirmasi dan refleksi, tidak
berdiri sendiri melainkan semuanya semuanya saling terkait satu sama lain.
Pernyataan di atas adalah...
Benar
Salah
26. Yang
merupakan keterampilan fasilitasi adalah..
Menyimak
Bertanya
Mengonfirmasi dan Refleksi
Semua benar
27. Salah
satu kompetensi dasar fasilitator adalah..
Koneksi
Partisipasi
Investasi
Semua salah
28. Sebagai seorang fasilitator, apa yang dapat kita lakukan
untuk membantu murid?
Menyediakan sumber daya dan dukungan
Menyediakan keuangan yang cukup untuk mencukupi
kebutuhan kelas
Menyediakan tujuan belajar sehingga murid tidak perlu
menentukan tujuan belajarnya sendiri
Semua Benar
29. Saat menjadi
fasilitator, guru adalah raja yang mengontrol aktivitas peserta didik. Kita
tidak perlu menyediakan ruang diskusi untuk murid dapat mengembangkan
kreativitasnya.
Pernyataan di atas adalah..
Benar
Salah
30. Manakah
yang menurut Anda KELIRU di antara pernyataan berikut?
Sebagai guru, peserta didik hanya belajar dari Anda;
sementara sebagai fasilitator, peserta didik dapat belajar dari siapa saja dan
mana saja.
Sebagai guru, Anda mengajari peserta didik; sementara
sebagai fasilitator, Anda mendorong peserta didik untuk menjadi pembelajar yang
mandiri.
Sebagai guru, Anda menentukan apa yang harus peserta
didik pelajari; sementara sebagai fasilitator, Anda menggali apa yang ingin
dipelajari peserta didik.
Sebagai guru, Anda meminta peserta didik untuk mengerjakan
soal latihan; sementara sebagai fasilitator, Anda membantu peserta didik untuk
mengerjakan soal latihan.
31. Dalam
membangun interaksi, partisipasi dan mengelola dinamika
peserta didik, guru akan memberikan kesempatan kepada peserta
didik sebagai berikut, KECUALI:
Berbagi pendapat
Diperintah oleh guru
Saling tanya jawab atau diskusi
Menemukan jawabannya sendiri
32. Guru
di kelas menayangkan video, menggunakan kertas kecil sebagai catatan
murid-murid dalam pembelajarannya. Dengan melakukan ini, kompetensi dasar
fasilitator manakah yang sudah dilakukan?
Partisipasi dan Visualisasi
Partisipasi dan Diskusi
Diskusi dan Visualisasi
Semua salah
33. Dalam
sesi pembelajarannya, Bu Jelita mengajak peserta didiknya untuk mengenal ragam
karya seni rupa. Tetapi, saat diberikan pertanyaan pemantik terkait pendapat
mereka akan ragam karya ini, ada peserta didik yang tidak dapat memberikan
pendapat.
Apa yang dapat dilakukan Bu Jelita?
Mengajak peserta didiknya lainnya mengulas bersama-
sama pemahaman mereka tentang ragam karya seni rupa untuk membantu peserta
didik yang bersangkutan.
Menghentikan diskusi tentang topik tersebut dan menggantinya
dengan pembahasan topik lain.
Menanyakan kepada peserta didik yang bersangkutan
penyebab ketidak pahamannya.
Mengacuhkan kondisi tersebut dan fokus pada target
pembelajaran di sesi tersebut.
34. Sinta: Integral itu sebagai kebalikan dari turunan
fungsi yang sudah kita pelajari minggu kemarin Bu.
Bu Jojo: Terima kasih Sinta. Jadi menurut kamu Integral itu kebalikan dari
turunan fungsi ya. Seperti apa kebalikan
yang kamu maksud?
Sebagai seorang fasilitator, keterampilan apa TIDAK dilakukan oleh Bu Jojo?
Mencatat
Menyimak
Bertanya
Mengonfirmasi
35. Sebagai seorang fasilitator pembelajaran, Ibu Hana
menggunakan keterampilan fasilitasi, yaitu ....
Meminta peserta untuk berdiskusi sendiri
Memberikan tugas untuk dikerjakan sendiri
Menjelaskan materi yang sedang dipelajari tanpa
bantuan guru
Melakukan parafrase dan mengajukan pertanyaan terbuka
36. Guru di kelas menayangkan video, menggunakan kertas
kecil sebagai catatan murid-murid
dalam pembelajarannya. Dengan melakukan ini, kompetensi dasar faslitator
manakah yang sudah dilakukan?
Partisipasi dan Visualisasi
Partisipasi dan Diskusi
Diskusi dan Visualisasi
Semua salah
37. Dalam
metode structured go around, agar setiap siswa mendapat kesempatan
berpendapat,, guru dapat bertindak sebagai...
Peserta diskusi
Moderator
Pemberi jawaban
Semua Benar
38. Di tengah-tengah diskusi, ada peserta didik yang
menyampaikan beberapa ide/gagasan sesuai dengan pertanyaan terbuka yang
diajukan oleh guru. Bagaimana respon guru menanggapi ide/gagasan peserta didik
ini?
Didengarkan saja, tanpa menindak lanjuti
Diberi tepuk tangan sebagai tanda apresiasi
Ditindaklanjuti dengan pertanyaan terbuka lainnya
untuk menggali lebih dalam atas idenya.
Dipotong omongannya, apalagi kalau tidak sesuai dengan
topik
39. Sebagai iseorang guru, kita dapat melakukan hal-hal ini
selama memfasilitasi pembelajaran, KECUALI ....
Menciptakan ruang diskusi bagi peserta didik
Bertanya apa yang dirasakan oleh peserta didik
Mengapresiasi peserta didik dengan cara memuji
Mendorong peserta didik untuk menemukan sumber belajar
40. Guru
sebagai fasilitator pembelajaran dapat dilakukan dalam sesi pembelajaran, jika
peserta didik mengikuti keinginan guru.
Pernyataan di atas adalah..
Benar
Salah
41. Di sesi
akhir, Pak Romli mengajak peserta didiknya untuk melakukan refleksi. Berikut
adalah yang BUKAN contoh pertanyaan refleksi yang dapat diajukan adalah.....
Bagaimana perasaanmu setelah berdiskusi di kelas?
Pelajaran apa yang ingin kamu ambil dari kegiatan hari
ini?
Apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?
Apakah kamu menyukai kegiatan ini?
42. Apa yang dibutuhkan oleh Guru agar dapat berperan
sebagai fasilitator pembelajaran?
Memperluas wawasan dan pengetahuan
Percaya bahwa setiap murid mampu menemukan cara dan
solusi
Mempunyai paradigma berpikir dan komunikasi yang
memberdayakan
Semua benar
43. Seyogyanya,
fasilitasi adalah tindakan membantu orang lain untuk menangani suatu proses
atau solusi sesuai............ orang atau kelompok tersebut.
Kata yang paling tepat untuk mengisi titik-titik di atas adalah...
Keinginan
Harapan
Tujuan
Semua benar
44. Keterampilan
apa yang perlu dimiliki agar guru dapat menjalankan perannya sebagai
fasilitator pembelajaran?
Diskusi dan Coaching
Fasilitasi dan Interaksi
Coaching dan Komunikasi
Fasilitasi dan Coaching
Posting Komentar