Post Test Bimbingan dan Konseling: Layanan Dasar - SD

Daftar Isi

Berikut post test untuk Guru SD dengan topik Bimbingan dan Konseling: Layanan Dasar

sumber : https://giphy.com/


  1. Apabila di satuan pendidikan tidak memiliki guru yang berlatar belakang pendidikan BK, apa yang seharusnya dilakukan oleh sekolah?
    • Meminta orang tua menyediakan layanan BK di rumah
    • Tidak menyediakan layanan BK di sekolah
    • Tugas dan peran BK dapat diampu oleh wali kelas atau pendidik lain yang ditugaskan oleh pimpinan satuan pendidikan
    • Meminta murid bercerita ke sesama teman
  2. Dalam upaya memberikan layanan terbaik bagi peserta didik, terdapat strategi besar implementasi layanan BK, yaitu…
    • Strategi implementasi di satuan pendidikan, pemberdayaan keluarga, dan strategi kerja sama dengan mitra
    • Strategi pemberdayaan keluarga dan strategi kerja sama dengan mitra
    • Strategi kerja sama dengan mitra dan strategi di satuan pendidikan
    • Strategi implementasi di satuan pendidikan dan strategi pemberdayaan keluarga
  3. Siapa yang bertanggungjawab dan berperan dalam layanan BK kepada peserta didik?
    • Guru BK
    • Kepala sekolah
    • Orang tua
    • Semua warga satuan pendidikan
  4. Dengan layanan BK, peserta didik diharapkan mampu …
    • Mendapatkan nilai sempurna di ujian akhir semester
    • Mendapatkan perhatian lebih dari guru
    • Memahami dan menerima diri serta lingkungannya
    • Memahami dan menerima perbedaan
  5. Untuk mendukung pengembangan akademik dan karir masa depan peserta didik secara optimal, guru BK dapat bekerja sama dengan bidang akademik di sekolah, keluarga, dan masyarakat. Pernyataan tersebut merupakan peran guru BK sebagai…
    • Konselor
    • Penilai
    • Pembimbing
    • Koordinator
  6. Contoh miskonsepsi layanan BK di satuan pendidikan yaitu…
    • Guru BK bekerjasama dan berkolaborasi dengan guru lain memberikan layanan BK
    • Guru mengupayakan pemberian layanan BK kepada peserta didik, meskipun bukan guru BK
    • Layanan BK hanya diperuntukkan bagi peserta didik yang bermasalah
    • Guru BK dan guru lain dapat memberikan layanan BK kepada peserta didik secara individu dan kelompok
  7. Di bawah ini yang merupakan prinsip dasar dari layanan BK yang adalah …
    • Rahasia dan jujur
    • Inklusivitas dan toleransi
    • Inklusivitas dan capaian perkembangan optimal
    • Inklusivitas dan kemandirian
  8. Berikut ini yang bukan etika kerja dalam memberikan layanan BK adalah …
    • Kesukarelaan
    • Keterbukaan
    • Kerahasiaan
    • Kekeluargaan
  9. Peran guru BK sebagai pengelola program dapat ditunjukkan dengan…
    • Membuka praktik konseling bagi peserta didik yang sedang mengalami masalah
    • Merencanakan dan mengelola layanan bersama wali kelas sehingga wali kelas dapat melakukan layanan di kelas masing-masing
    • Memberikan informasi tentang perkembangan potensi, minat, dan kebutuhan lainnya kepada peserta didik, wali kelas, dan orangtua
    • Membimbing peserta didik untuk mengenal diri dan memfasilitasi perkembangan serta pertumbuhan
  10. Ibu Asti adalah seorang guru BK di SMP Bahagia. Peran Ibu Asti sebagai pembimbing adalah…
    • Membantu Rina yang sedang ingin mengenali minat dan potensi yang dimilikinya
    • Menengahi Bimo dan Rendi yang sedang memiliki konflik
    • Melibatkan orangtua sebagai narasumber pengenalan karir untuk peserta didik
    • Memberikan konseling untuk Dino yang sedang memiliki masalah pribadi
  11. Bu Siska merupakan wali kelas 7 SMP cita karya. Di SMP Cita Karya belum memiliki guru BK. Apa yang sebaiknya dilakukan Ibu Siska?
    • Ibu Siska merasa tidak kompeten sehingga tidak memberikan layanan BK
    • Ibu Siska merasa perlu mengetahui dan memahami layanan BK, sehingga ia belajar tentang layanan BK
    • Ibu Siska merasa layanan BK bukanlah tanggung jawabnya karena ia bukan guru BK
    • Ibu Siska meminta iuran kepada peserta didik untuk mendatangkan konselor
  12. Layanan BK di satuan pendidikan memiliki peran yang besar dalam menghapus tiga dosa besar pendidikan, yaitu...
    • Malas, kekerasan seksual, dan intoleransi
    • Perundungan, kekerasan seksual, dan intoleransi
    • Perundungan, kekerasan seksual dan malas
    • Intoleransi, perundungan dan plagiarisme
  13. Salah satu cara agar semua topik hasil analisis kebutuhan peserta didik dapat tersampaikan adalah...
    • Mengintegrasikan topik dalam projek profil
    • Menentukan metode dan indikator pemenuhan kebutuhan peserta didik
    • Mengundang semua peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan program layanan dasar
    • Mengundang ahli untuk mengkonfirmasi hasil analisis kebutuhan peserta didik
  14. Aspek apa yang menjadi fokus saat melakukan pengamatan dan observasi?
    • Kemampuan komunikasi
    • Hubungan pertemanan
    • Perilaku dan interaksi sosial
    • Semua di atas benar
  15. Perencanaan kegiatan layanan dasar dilakukan dengan menentukan kegiatan dalam bentuk...
    • Program harian di kelas, program harian di satuan pendidikan, program bulanan di satuan pendidikan, program tahunan untuk lingkungan sekolah
    • Program tahunan yang dikaitkan dengan hari peringatan tertentu
    • Program tahunan, program per kuartal, per bulan atau per minggu
    • Semua di atas benar
  16. Berdasarkan hasil pemetaan kebutuhan peserta didik di sekolah, Pak Iman menemukan bahwa peserta didik membutuhkan penguatan tentang toleransi dalam beragama. Pak Iman memutuskan untuk mengintegrasikan layanan dasar dengan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Tema yang dapat diambil oleh Pak Iman adalah…
    • Kearifan Lokal
    • Gaya Hidup Berkelanjutan
    • Bangunlah Jiwa Raganya
    • Bhinneka Tunggal Ika
  17. Apa yang harus dilakukan pendidik jika melihat murid memerlukan perhatian khusus setelah melakukan kegiatan layanan dasar?
    • Menghiraukan saja, karena itu merupakan proses memahami yang harus dilalui murid
    • Melaporkan perilaku murid yang tidak biasa kepada orangtua murid
    • Mengajak murid berbicara, dan melakukan layanan responsif jika dibutuhkan
    • Merencanakan layanan dasar lanjutan untuk menguatkan pemahaman murid
  18. Hal-hal dasar yang perlu kita perhatikan dalam merancang dan merencanakan kegiatan pemetaan kebutuhan peserta didik adalah…
    • Menyediakan banyak informasi tertulis mengenai isu
    • Dapat menilai pemahaman peserta didik di akhir kegiatan
    • Kesesuaian dengan tahap perkembangan peserta didik
    • Semua di atas benar
  19. Apa yang dapat pendidik lakukan agar proses pemetaan kebutuhan berdasarkan pemahaman dasar peserta didik berjalan efektif?
    • Memimpin FGD dengan cara berkeliling dari satu kelompok ke kelompok lain seorang diri
    • Berusaha mendekatkan diri dengan salah satu kelompok FGD saja
    • Meminta bantuan pendidik lain yang bersedia untuk memimpin salah satu kelompok FGD
    • Menginformasikan kepada orangtua peserta didik untuk membaca buku mengenai kekerasan seksual di rumah sebelum kegiatan FGD
  20. Mengapa pendidik perlu memberikan pertanyaan terbuka selama kegiatan layanan dasar berlangsung?
    • Untuk mengetahui pemahaman peserta didik mengenai materi yang sedang disampaikan
    • Agar murid tidak mengantuk saat mengikuti kegiatan layanan dasar
    • Untuk memperpanjang durasi kegiatan layanan dasar
    • Agar murid bisa memimpin berjalannya kegiatan layanan dasar
  21. Dalam melakukan kegiatan layanan dasar, dampak hubungan antar orang tua terhadap peserta didik adalah…
    • Tidak memiliki dampak signifikan
    • Menjadi narasumber
    • Hubungan sesama orang tua sudah baik sehingga peserta didik tidak perlu berteman dengan banyak orang
    • Memberi contoh bagaimana hubungan yang sehat antar sesama
  22. Bu Jocelyn melihat maraknya kasus kekerasan seksual yang terjadi di masyarakat. Sebagai wali kelas pada jenjang SD Fase A, topik kegiatan layanan dasar yang paling tepat untuk diusulkan adalah…
    • Sosialisasi Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi (HKSR) sesuai dengan tahap perkembangan anak
    • Pencegahan kekerasan seksual di masyarakat
    • Penanganan kasus kekerasan seksual di sekolah
    • Kebijakan sekolah tentang kasus kekerasan seksual
  23. Mengapa materi layanan dasar yang disampaikan perlu mempertimbangkan tahap perkembangan anak?
    • Agar pendidik tidak terbebani dengan pembuatan materi yang berat
    • Agar murid tidak bosan saat mengikuti kegiatan layanan dasar
    • Agar murid memperoleh pemahaman yang optimal mengenai suatu isu sesuai dengan usianya
    • Agar pendidik tidak kebingungan saat menyampaikan materi pada kegiatan layanan dasar
  24. Salah satu cara yang tepat untuk melakukan evaluasi terhadap kegiatan layanan dasar adalah…
    • Guru-guru yang terlibat dapat berkumpul dan berdiskusi mengenai hasil refleksi layanan dasar
    • Melakukan refleksi dan evaluasi secara mandiri tanpa adanya diskusi lebih lanjut
    • Mengundang pengawas untuk melakukan evaluasi terhadap layanan dasar yang sudah dilaksanakan
    • Semua benar
  25. Instrumen atau cara yang dapat digunakan untuk melakukan evaluasi dan refleksi adalah...
    • Bertanya langsung kepada peserta didik
    • Kuesioner
    • Survei isian
    • Semua di atas benar
  26. Pendekatan yang tepat dalam melakukan kegiatan layanan dasar untuk peserta didik di usia remaja adalah...
    • Pembagian pamflet
    • Metode ceramah
    • Kerja kelompok
    • Semua di atas benar
  27. Penentuan waktu pelaksanaan kelas pembekalan untuk peserta didik yang kurang tepat adalah berdasarkan…
    • Hasil pemetaan kebutuhan peserta didik
    • Hari besar yang berhubungan dengan topik
    • Kebutuhan mendesak berdasarkan kejadian pada peserta didik di kelas tertentu
    • Temuan masalah pada peserta didik
  28. Berikut ini, bentuk tindak lanjut yang kurang tepat terhadap hasil evaluasi dan refleksi layanan dasar dengan isu pencegahan kekerasan seksual adalah…
    • Layanan responsif pada murid yang membutuhkan perhatian khusus
    • Merencanakan layanan peminatan dan perencanaan individual
    • Layanan dasar lanjutan untuk menguatkan pemahaman murid
    • Pemantauan rutin untuk melakukan pemetaan dan analisis kebutuhan lanjutan
  29. Salah satu cara agar semua topik hasil analisis kebutuhan peserta didik mengenai isu kekerasan seksual dapat tersampaikan adalah dengan mengintegrasikannya dalam projek profil. Tema yang tepat untuk diintegrasikan adalah...
    • Bangunlah Jiwa dan Raga
    • Kewirausahaan
    • Rekayasa Teknologi
    • Kearifan Lokal
  30. Berikut ini, praktik refleksi yang kurang tepat setelah melakukan layanan dasar adalah…
    • Memberikan pertanyaan pemantik berdasarkan pengalaman peserta didik dengan isu yang disampaikan
    • Memberikan pertanyaan terbuka yang terarah terkait dengan isu yang telah didiskusikan bersama
    • Meminta peserta didik untuk menuliskan refleksi pada lembar refleksi yang telah disiapkan
    • Meminta peserta didik untuk membuat esai sebanyak dua halaman mengenai hal yang telah ia pelajari dari kegiatan layanan dasar
  31. Bagaimana cara kita memetakan kebutuhan peserta didik?
    • Menentukan aspek apa yang kita ingin ketahui dan metode pencarian informasi
    • Menentukan metode dan indikator yang akan diukur
    • Menentukan instrumen penilaian dan indikator yang akan diukur
    • Menentukan instrumen penilaian dan metode pencarian informasi
  32. Hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan kegiatan layanan dasar adalah...
    • Menentukan pendekatan yang tepat sesuai tujuan program
    • Menentukan metode dan indikator yang akan diukur
    • Pelibatan mitra atau lingkungan sosial dalam pembelajaran
    • Memastikan rasio guru dan peserta didik seimbang
  33. Mengapa kelas dan seminar orang tua mengenai isu kekerasan seksual perlu menjadi bagian dalam layanan dasar?
    • Agar pengetahuan mengenai isu kekerasan seksual dapat dipahami oleh seluruh warga satuan pendidikan
    • Agar terbentuk komunitas yang kuat untuk menangani kasus kekerasan seksual yang mungkin terjadi
    • Agar orangtua dapat ikut membantu pencegahan kekerasan seksual di satuan pendidikan
    • Semua di atas benar
  34. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam perencanaan kelas orang tua adalah...
    • Bentuk kegiatan selalu berupa seminar
    • Menyesuaikan topik dengan kebutuhan peserta didik di kelas masing-masing
    • Mengundang artis sebagai pembicara
    • Semua benar
  35. Apa yang sebaiknya dilakukan pendidik untuk mendapatkan evaluasi dan refleksi dari orang tua dan peserta didik?
    • Mengirimkan kuesioner dan survei isian ke rumah tanpa tenggat waktu
    • Menjadikan orangtua peserta didik sebagai narasumber
    • Guru kelas menanyakan evaluasi dan refleksi dari orangtua peserta didik saat pembagian rapor
    • Memberikan kuesioner atau survei isian di setiap akhir kegiatan
  36. Untuk mendapatkan data dan informasi dari banyak peserta didik dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan pemandu, metode apa yang sebaiknya kita gunakan?
    • Observasi
    • Wawancara
    • Kelompok Forum Diskusi
    • Kuesioner
  37. Susunan alur kerja yang tepat dalam layanan dasar ialah…
    • Merencanakan kegiatan, melaksanakan kegiatan, mengevaluasi kegiatan, memetakan dan menganalisis kebutuhan
    • Memetakan dan menganalisis kebutuhan, merencanakan kegiatan, melaksanakan kegiatan, dan mengevaluasi kegiatan
    • Merencanakan kegiatan, memetakan dan menganalisis kebutuhan, melakukan kegiatan, mengevaluasi kegiatan
    • Memetakan dan menganalisis kebutuhan, melaksanakan kegiatan, mengevaluasi kegiatan, dan merencanakan kegiatan
  38. Mengapa kita perlu mencatat proses dan hasil evaluasi dan refleksi? 
    • Karena hasilnya dapat menjadi bahan untuk perbaikan perencanaan program layanan dasar di tahun ajaran berikutnya
    • Karena hasilnya dapat menjadi bahan untuk laporan pelaksanaan kegiatan tahunan satuan pendidikan
    • Karena hasilnya akan digunakan untuk merencanakan layanan responsif
    • Semua jawaban benar
  39. Apa yang perlu jadi perhatian utama dalam memetakan kebutuhan peserta didik terhadap isu kekerasan seksual di Sekolah Dasar?
    • Pengetahuan dasar mengenai diri mereka sendiri
    • Pengetahuan dasar mengenai hubungan keluarga
    • Pengetahuan dasar mengenai jenis-jenis kekerasan
    • Pemahaman terhadap sistem reproduksi manusia




Posting Komentar