Post Test Perencanaan Berbasis Data: Identifikasi - Refleksi - Benahi

Daftar Isi

Post Test Perencanaan Berbasis Data: Identifikasi - Refleksi - Benahi


  1. Apa yang dimaksud dengan tahapan identifikasi?
    • Memilih dan memetakan masalah
    • Merumuskan akar permasalahan
    • Menyusun program dan kegiatan
    • Memilih masalah dan akar permasalahan
  2. Apa yang dimaksud dengan tahapan refleksi?
    • Memilih dan memetakan masalah
    • Merumuskan akar permasalahan
    • Menyusun program dan kegiatan
    • Semua benar
  3. Unduh Profil Pendidikan
    • Memilih 5 indikator yang akan diintervensi dengan merujuk pada indikator prioritas dan indikator yang bermasalah
    • Memetakan indikator yang bermasalah
    • Memilih 5 indikator prioritas yang telah ditetapkan oleh Kemendikbudristek
    • Urutkanlah langkah-langkah identifikasi di atas yang sesuai…
    • 1 - 2 - 3 - 4
    • 1 - 3 - 4 - 2
    • 1 - 4 - 2 - 3
    • 1 - 3 - 2 - 4
  4. Jika pada dimensi D indikator prioritas sudah memiliki capaian dengan warna hijau, namun penilaian masih lebih rendah dari satpen yang setara. Apa yang sebaiknya satpen lakukan?
    • Memilih indikator lain yang berwarna merah
    • Memilih indikator lain yang berwarna kuning
    • Tetap memilih indikator tersebut untuk diintervensi
    • Pilihan a dan b benar
  5. Apa yang dimaksud dengan tahapan benahi?
    • Memilih dan memetakan masalah
    • Merumuskan akar permasalahan
    • Menyusun program dan kegiatan
    • Memilih masalah dan akar permasalahan
  6. Langkah yang paling tepat untuk dilakukan setelah mengunduh Rapor Pendidikan otomasi adalah ......
    • Mengisi RKT
    • Mengunggah dokumen RKAS
    • Membaca akar masalah dan melihat kesesuaiannya dengan kondisi satuan pendidikan
    • Meminta tanda tangan kepala satuan pendidikan untuk pengesahan
  7. Mengapa refleksi akar masalah ini penting dilakukan?
    • Karena merupakan tahap yang sudah ditetapkan
    • Untuk memastikan nilai indikatornya sudah tepat
    • Untuk menjaga status akreditasi satuan pendidikan
    • Agar rancangan program di tahap ‘Benahi’ tepat sasaran dan sesuai kebutuhan
  8. Cara apa saja yang dapat dilakukan untuk melihat kesesuaian akar masalah di Rapor Pendidikan otomasi dengan situasi di satuan pendidikan?
    • Mempelajari dokumen terkait dan observasi langsung
    • Bertanya kepada satuan pendidikan lain
    • Melihat dokumen akreditasi
    • Bertanya kepada pengawas
  9. Mengapa perlu dilakukan perumusan akar masalah yang tepat dan signifikan?
    • Sebagai syarat kelengkapan laporan
    • Agar dapat memilih masalah yang prioritas dan perlu segera diintervensi
    • Agar dapat mencari solusi dan merancang program selanjutnya dengan lebih efektif dan efisien
    • Agar dapat mengevaluasi sistem kerja satuan pendidikan
  10. Dalam Tahap Refleksi, bagaimana cara menemukan akar masalah dari masalah yang akan diintervensi?
    • Mengecek sumber data yang ada
    • Mengamati perilaku peserta didik
    • Memilih masalah yang dianggap prioritas
    • Melihat indikator level dua dari indikator level satu masalah yang akan diintervensi
  11. Siapakah yang bertanggung jawab melakukan Tahap Refleksi berdasarkan Rapor Pendidikan di satuan pendidikan?
    • Orang tua peserta didik
    • Guru
    • Kepala sekolah
    • Peserta didik
  12. Apa yang harus dipertimbangkan oleh satuan pendidikan untuk menentukan kegiatan benahi ?
    • Dana BOS yang diterima
    • Nilai pada indikator di Rapor Pendidikan
    • Kondisi, kemampuan, dan sumberdaya satuan pendidikan
    • Instruksi dari kepala sekolah
  13. Dalam Perencanaan Berbasis Data, apa yang dilakukan setelah menentukan akar masalah dalam refleksi ?
    • Menentukan kegiatan secara detail
    • Mencermati kegiatan benahi pada rekomendasi dari Kemdikbudristek
    • Mencermati indikator prioritas
    • Menyusun tujuan kegiatan
  14. Berdasarkan cerita Bu Hesti dalam video ini, bagaimana satuan pendidikannya menetapkan kegiatan Benahi untuk akar masalah Sikap Inklusif yang masih rendah?
    • Mengikuti beberapa rekomendasi dan merancang satu kegiatan sendiri
    • Mengikuti semua rekomendasi tanpa merancang kegiatan sendiri
    • Mengikuti beberapa rekomendasi saja
    • Tidak mengikuti rekomendasi, merancan semua program sendiri
  15. Rekomendasi kegiatan Benahi yang ada saat ini disusun berdasarkan sejumlah kategori, kecuali:
    • Kurikulum
    • Wilayah satuan pendidikan
    • Proses pembelajaran peserta didik
    • Pendidik dan tenaga kependidikan
  16. Apakah prinsip penting dalam menetapkan dan meyakini bahwa kegiatan pembenahan sudah tepat?
    • Memiliki potensi dampak paling rendah
    • Memiliki potensi permasalahan lanjutan paling rendah
    • Dapat menjadi solusi efektif untuk mengatasi seluruh permasalahan
    • Memiliki anggaran yang paling efisien
  17. Dari hasil unduhan Rekomendasi Perencanaan Berbasis Data, akan diberikan 2 buah lembar. Lembar apa sajakah itu?
    • Rapor dan Rekomendasi
    • Rekomendasi dan Uraian ARKAS
    • Rapor dan Uraian ARKAS
    • RKT dan Uraian ARKAS
  18. Di dalam lembar rekomendasi, terdapat 3 lembar di dalamnya. Lembar manakah yang berisi 5 akar masalah utama untuk dibenahi?
    • Panduan membaca
    • Rekomendasi
    • Seluruh rekomendasi
    • Prioritas rekomendasi
1) Perlu merujuk pada rumusan kegiatan Benahi yang disediakan Kemendikbud Ristek
2) Dirumuskan sebagai solusi pertama untuk mengatasi akar permasalahan
3) Dirumuskan sebagai solusi utama untuk mengatasi seluruh akar permasalahan
4) Menyesuaikan kembali pilihan kegiatan Benahi dengan kondisi di satuan pendidikan
5) Menyesuaikan pilihan kegiatan Benahi dengan sumber daya yang dimiliki oleh satuan pendidikan

Manakah pernyataan yang paling tepat untuk dijadikan dasar pertimbangan dalam memilih kegiatan Benahi?
    • 1, 2, 4, dan 5
    • 1, 2, 3, dan 5
    • 1, 3, 4, dan 5
    • Semua benar
Indikator Prioritas:
a. Dimensi D, Kualitas Pembelajaran
b. Dimensi A, Kemampuan Literasi
c. Dimensi D, Kepemimpinan Instruksional
d. Dimensi A, Indeks Karakter

Dari ke-4 indikator prioritas di atas, manakah yang termasuk ke dalam indikator prioritas DIKDASMEN?
    • 1, 2, dan 3
    • 1 dan 3
    • 2 dan 4
    • 1, 3, dan 4


Posting Komentar