Post Test Perencanaan Pembelajaran SD/Paket A

Daftar Isi

 Post Test Perencanaan Pembelajaran SD/Paket A terdapat 3 modul yang harus dikerjakan. Tetapi pada beberapa pertanyaan masih ada yang ragu. Paling tidak diatas 90% sudah bisa digunakan untuk acuan

  1. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini:
      1. Membuktikan pemahaman yang dicapai setelah mempelajari topik tertentu
      2. Meningkatkan motivasi intrinsik peserta didik
      3. Menjadi umpan balik proses pembelajaran
      4. Membantu dalam menjelaskan manfaat pembelajaran dan tujuan pembelajaran
      • Pernyataan di atas yang terkait manfaat dari pertanyaan pemantik ditunjukkan oleh nomor . . . .
    • 1 dan 3
    • 1 dan 4
    • 1 dan 2
    • 3 dan 4
  2. Pak Anto adalah seorang guru IPA kelas 6. Pak Anto sedang menyampaikan pembelajaran mengenai perubahan wujud benda. Pertanyaan pemantik yang dapat digunakan oleh Pak Anto dalam proses pembelajaran tersebut adalah . . . .
    • Bagaimana cara mengubah air menjadi es?
    • Apakah suhu mempengaruhi perubahan wujud benda?
    • Bagaimana hubungan antara suhu dengan perubahan wujud benda?
    • Apakah udara bisa mengalami perubahan wujud?
  3. Produk akhir merupakan salah satu asesmen sumatif, yaitu asesmen untuk evaluasi pada akhir proses pembelajaran. Salah satu tujuan dari adanya asesmen ini adalah ...
    • Agar murid mendapatkan nilai
    • Untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
    • Agar guru bisa memberikan umpan balik seperti bagus, keren, pintar, pandai, cerdas, dan sebagainya
    • Untuk menjadi data tambahan
  4. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini :
    1. Mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik
    2. Memperoleh data berupa nilai dari pencapaian hasil belajar
    3. Mendapatkan gambaran kemampuan awal yang dimiliki peserta didik
    4. Mengetahui kebutuhan belajar peserta didik
      • Dari pernyataan di atas, fungsi asesmen sumatif ditunjukkan oleh nomor . . . .
    • 1 dan 2
    • 2 dan 3
    • 1 dan 3
    • 2 dan 4
  5. Pak Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran Seni Musik. Pak Markus ingin agar para peserta didik mampu merancang sebuah pagelaran seni secara berkelompok. Pak Markus memberikan kebebasan kepada para peserta didik untuk memilih jenis pagelaran musik yang akan ditampilkan. Untuk proses penilaiannya, Pak Markus memutuskan akan menggunakan rubrik. Pak Markus akan menggunakan rubrik yang menilai 3 aspek yaitu penampilan, harmonisasi, dan variasi alat musik yang digunakan. Untuk menilai ketercapaian tujuan pembelajaran, maka yang perlu dilakukan Pak Markus adalah . . . .
    • Menentukan tujuan pembelajaran
    • Menentukan jenis asesmen
    • Menentukan capaian pembelajaran
    • Menentukan kriteria ketercapaian
  6. Manakah diantara pernyataan di bawah ini yang benar terkait dengan modul ajar?
    • Kegiatan pembelajaran harus direncanakan dalam satu kali pertemuan untuk satu tujuan pembelajaran.
    • Asesmen di awal pembelajaran dilakukan untuk menilai ketercapaian tujuan pembelajaran.
    • Model pembelajaran adalah komponen wajib pada modul ajar.
    • Satu modul ajar dapat disusun untuk satu atau lebih tujuan pembelajaran.
  7. Bu Ani sedang mempelajari modul ajar yang didapatkannya dari Platform Merdeka Mengajar. Salah satu kegiatan yang ada di modul ajar tersebut adalah cara membuat ikan asin secara tradisional. Sekolah Bu Ani berada di daerah pertanian yang jauh dari laut sehingga kesulitan untuk melakukan kegiatan yang sama dengan modul ajar tersebut. Salah satu hasil alam yang melimpah di daerah Bu Ani adalah sawi. Bu Ani mengajak peserta didik untuk membuat sawi asin. Upaya modifikasi modul ajar yang dilakukan oleh Bu Ani dengan memperhatikan . . . .
    • Pembelajaran kontekstual
    • Pemahaman pembelajaran
    • Pembelajaran berkesinambungan
    • Konten isi pembelajaran
  8. Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini terkait keunggulan media ajar :
    1. Memudahkan peserta didik untuk memahami materi yang berkaitan dengan fenomena alam
    2. Mudah dipahami karena disajikan menggabungkan gambar, suara, dan teks.
    3. Lebih disukai peserta didik karena dapat disajikan secara menarik.
    4. Bermanfaat untuk memberikan pengalaman sensorik.
      • Berdasarkan pernyataan di atas, keunggulan menggunakan media ajar konkrit ditunjukkan pada nomor . . . .
    • 1 dan 2
    • 3 dan 4
    • 1 dan 4
    •  2 dan 3
  9. Perhatikan pertanyaan-pertanyaan berikut ini :
    1. Bagaimana cara mengukur panjang sebuah meja?
    2. Alat apa saja yang dapat digunakan untuk mengukur meja?
    3. Bagaimana cara menggunakan timbangan?
    4. Apa yang bisa dilakukan untuk mengukur berat udara?
      • Bu Ami adalah seorang guru Fisika. Saat ini Bu Ami sedang menyampaikan pembelajaran mengenai pengukuran. Dari pertanyaan di atas, manakan pertanyaan pemantik yang dapat di gunakan oleh Bu Ami?
    • 1 dan 2
    • 2 dan 3
    • 1 dan 4
    • 2 dan 3
  10. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini :
    1. Mengukur pencapaian hasil belajar
    2. Mengetahui kemampuan awal peserta didik
    3. Mengetahui kebutuhan belajar peserta didik
    4. Mendapatkan nilai dari pencapaian hasil belajar
      • Dari pernyataan di atas, fungsi asesmen formatif ditunjukkan oleh nomor . . . .
    • 1 dan 2
    • 2 dan 3
    • 1 dan 3
    • 2 dan 4
  11. Bu Anita seorang guru Matematika SD. Pada modul ajar yang didapatkan dari Platform Merdeka Mengajar, Bu Anita sangat tertarik dengan aktivitas peserta didik dalam menghitung volume bangun ruang. Namun di sekolah Bu Anita, alat peraga bangun ruang yang dibutuhkan belum tersedia, yang tersedia hanya alat peraga bangun datar dengan jumlah yang cukup banyak.  Langkah yang dapat dilakukan Bu Anita agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan pada modul ajar tersebut adalah . . . .
    • Melakukan modifikasi pada tujuan pembelajaran
    • Melakukan modifikasi pada alat dan bahan praktik
    • Melakukan modifikasi pada langkah pembelajaran
    • Melakukan modifikasi pada modul ajar secara keseluruhan
  12. Berikut pernyataan yang bukan merupakan kriteria dari pemahaman bermakna adalah ...
    • Merupakan pemahaman praktis.
    • Mencerminkan kesimpulan dari pembelajaran.
    • Didapat melalui berbagai proses pencarian belajar.
    • Tidak memiliki jawaban 'benar' atau 'salah'.
  13. Indikator pencapaian kompetensi ditentukan berdasarkan
    • Asesmen formatif yang akan dilakukan
    • Asesmen sumatif yang akan dilakukan
    • Tujuan pembelajaran yang akan dilakukan
    • Sarana dan prasarana belajar murid
  14. Pak Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran Seni Musik. Pak Markus ingin agar para peserta didik mampu merancang sebuah pagelaran seni secara berkelompok. Pak Markus memberikan kebebasan kepada para peserta didik untuk memilih jenis pagelaran musik yang akan ditampilkan. Untuk proses penilaiannya, Pak Markus memutuskan akan menggunakan rubrik. Pak Markus memutuskan akan menggunakan 3 aspek utama yaitu penampilan, harmonisasi, dan variasi alat musik yang digunakan. Yang tidak termasuk kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran menunjukkan harmonisasi dalam bermusik adalah . . . .
    • 3 alat musik atau lebih digunakan sekaligus
    • Musik dan vokal terdengar harmonis
    • Suara musik tidak mendominasi
    • Artikulasi dan nada tepat
  15. Pak Rudy adalah seorang guru Fisika. Pada modul ajar yang didapatkannya dari Platform Merdeka Mengajar, Pak Rudy tertarik dengan aktivitas peserta didik dalam mempraktikkan pembuktian nilai gaya gravitasi. Di sekolah, alat dan bahan yang dibutuhkan sebagian sudah tersedia, namun jumlahnya belum memadai dan belum lengkap. Upaya modifikasi yang dapat dilakukan oleh Pak Rudy agar peserta didik tetap dapat mempraktikkan pembuktian tersebut adalah . . . .
    • Mengajak peserta didik untuk praktik dengan memanfaatkan benda di sekitar mereka.
    • Melakukan praktik dengan menggunakan alat dan bahan yang tersedia.
    • Mengajukan pengadaan alat dan bahan praktik ke pihak sekolah.
    • Meminta peserta didik untuk menonton video terkait praktik tersebut.
  16. Berikut merupakan peran media ajar dalam proses pembelajaran yang berpusat pada murid, kecuali
    • Meningkatkan pemahaman murid.
    • Membuat pelajaran menjadi lebih menarik dan efektif.
    • Jika sesuai minat murid, akan meningkatkan motivasi murid dalam belajar
    • Untuk menggantikan guru mengajar siswa tanpa perlu berinteraksi lagi
  17. Ragam bentuk dari rancangan pembelajaran adalah …
    • RPP
    • Modul ajar
    • Lesson plan
    • Benar semua
  18. Pak Robert sedang mempelajari modul ajar yang didapatkannya dari Platform Merdeka Mengajar. Karena mayoritas muridnya tidak memiliki telepon genggam untuk mengakses internet, ada beberapa aktivitas dalam modul ajar yang tidak bisa ia terapkan. Oleh karena itu, ia memodifikasi aktivitas menjadi kegiatan serupa namun tidak memerlukan telepon genggam. Upaya modifikasi modul ajar yang dilakukan Pak Robert tergolong...
    • Modifikasi terkait sarana dan prasarana belajar.
    • Modifikasi terkait konten isi.
    • Modifikasi asesmen.
    • Modifikasi materi.
    • Modifikasi model belajar.
  19. Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam menyusun asesmen adalah . . . .
    • Menentukan apa bukti-bukti yang dapat menunjukkan pemahaman peserta didik
    • Menentukan indikator pencapaian kompetensi
    • Menentukan alat ukur yang tepat
    • Menentukan lembar asesmen yang akan digunakan
  20. Apa komponen minimal modul ajar?
    • Tujuan pembelajaran, profil peserta didik, dan asesmen.
    • Tujuan pembelajaran, asesmen. langkah pembelajaran, dan media pembelajaran.
    • Dimensi profil pelajar Pancasila, profil peserta pidik, dan asesmen.
    • Tujuan pembelajaran, profil peserta didik, dan langkah pembelajaran.
  21. Ibu Yuki sedang melaksanakan PJJ. Ia hendak menggunakan modul ajar yang tersedia untuk pembelajaran selanjutnya. Setelah mempelajari modul ajar ia mendapat hal-hal berikut:
    1. Isi modul ajar untuk pembelajaran luring
    2. Modul ajar menyediakan lembar aktivitas yang bisa mengasah kemampuan berpikir proses
    3. Modul ajar menyediakan rancangan asesmen yang bisa mendorong kompetensi muridnya secara menyeluruh
      • Jika akan menggunakan modul ajar tersebut, modifikasi yang perlu Ibu Yuki lakukan adalah ....
    • Mengganti rancangan asesmen yang sesuai dengan kebutuhan muridnya
    • Mengganti lembar aktivitas dengan lembar aktivitas dari pembelajaran tahun sebelumnya
    • Menyiapkan sarana seperti teknologi pendukung yang bisa mengakomodir aktivitas belajar
    • Mengganti bentuk asesmen menjadi kuis dengan bantuan aplikasi karena lebih mudah dilakukan secara daring
  22. Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini terkait keunggulan media ajar :
    1. Bermanfaat untuk memberikan pengalaman sensorik.
    2. Memudahkan peserta didik untuk memahami materi yang berkaitan dengan fenomena alam
    3. Lebih disukai peserta didik karena melibatkan pengalaman audio visual yang disesuaikan dengan perkembangan peserta didik.
    4. Mudah dipahami karena disajikan menggabungkan gambar, suara, dan teks.
      • Berdasarkan pernyataan di atas, keunggulan menggunakan media ajar berupa video ditunjukkan pada nomor . . . .
    • 1 dan 2
    • 3 dan 4
    • 1 dan 3
    • 2 dan 4
  23. Tidak semua pertanyaan yang diajukan Guru kepada siswa adalah pertanyaan pemantik. Wiggins dan McTighe dalam bukunya The Understanding by Design menyatakan bahwa ada beberapa pertanyaan yang hanya mencari jawaban "resmi" dan benar (sesuai dengan buku teks) alih-alih membutuhkan jawaban dan penyelidikan yang mendalam. Jenis pertanyaan seperti ini akan mempersingkat proses penyelidikan yang sebetulnya diperlukan sebagai jantung pemahaman mendalam. Berdasarkan hal tersebut, manakah yang merupakan pertanyaan pemantik dibawah ini?
    • Seorang Guru PAUD membawa sebuah buku kemudian bertanya “Kira-kira siapa yang ada pada gambar ini?”
    • Seorang Guru Ekonomi bertanya “Apa pentingnya bagi kita mengetahui fakta angka inflasi naik setiap tahun?”
    • Seorang Guru Bahasa Indonesia bertanya “Apa saja cerita fiksi yang pernah kalian baca?”
    • Seorang Guru Geografi bertanya “Apakah bumi memiliki banyak lapisan tanah?”
  24. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini:
    1. Membantu dalam menjelaskan manfaat pembelajaran dan tujuan pembelajaran
    2. Membuktikan pemahaman yang dicapai setelah mempelajari topik tertentu
    3. Meningkatkan motivasi intrinsik peserta didik
    4. Menjadi umpan balik proses pembelajaran
      • Pernyataan di atas yang terkait pemahaman bermakna ditunjukkan oleh nomor . . . .
    • 1 dan 3
    • 2 dan 4
    • 1 dan 2
    • 3 dan 4
  25. Bu Ani sedang mempelajari modul ajar prakarya pengolahan yang didapat dari Platform Merdeka Mengajar. Modul tersebut membahas teknik pengawetan dengan metode pengasinan. Contoh kegiatan yang ada di modul ajar tersebut adalah cara membuat ikan asin secara tradisional. Sekolah Bu Ani berada di daerah pertanian yang jauh dari laut sehingga kesulitan untuk melakukan kegiatan yang sama dengan modul ajar tersebut. Salah satu hasil alam yang melimpah di daerah Bu Ani adalah sawi. Apa yang bisa dilakukan oleh Bu Ani terkait hal ini sehingga aktivitas pada modul ajar tersebut menjadi kontkestual? Ragu-ragu dalam menjawab
    • Mengajak peserta didik untuk tetap mempraktikan cara membuat ikan asin.
    • Mengajak peserta didik untuk mempraktikkan cara membuat sawi asin.
    • Mengajak peserta didik untuk studi wisata ke daerah pembuat ikan asin.
    • Mengajak peserta didik untuk melihat tayangan video terkait pembuatan ikan asin.
  26. Dalam penyusunan asesmen, penentuan alat ukur yang tepat sangat tergantung pada . . . .
    • Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran
    • Aspek dan tingkat capaian peserta didik
    • Capaian pembelajaran sesuai fase
    • Lembar penilaian yang disiapkan
  27. Menumbuhkan minat untuk belajar, melibatkan peserta didik berkaitan dengan pengetahuan sebelumnya, serta menyesuaikan capaian belajarnya merupakan salah satu kriteria modul ajar, yaitu .... Ragu-ragu dalam menjawab
    • Esensial
    • Menarik, bermakna, dan menantang
    • Relevan dan kontekstual
    • Berkesinambungan
  28. Berikut ini yang tidak dilakukan pendidik ketika meminta peserta didik untuk melakukan refleksi adalah . . . .
    • Merancang pertanyaan refleksi sesuai dengan fase pemahaman peserta didik
    • Menciptakan suasana yang nyaman bagi peserta didik untuk berefleksi
    • Meminta semua peserta didik untuk menyampaikan/menunjukkan hasil refleksinya
    • Menyiapkan beberapa pertanyaan pemandu refleksi bagi peserta didik
  29. Pak Ahmad adalah seorang guru sosiologi SMA. Pak Ahmad telah menyiapkan beberapa pertanyaan untuk memandu proses refleksi tersebut. Pada hari tersebut Pak Ahmad merupakan guru terakhir yang masuk di kelas sebelum menjelang jam pulang. Ketika menjelang akhir pembelajaran, Pak Ahmad pun mengajak peserta didiknya untuk melakukan refleksi bersama, namun suasana kelas pada saat tersebut cukup panas dan riuh. Apa yang dapat dilakukan Pak Ahmad untuk menciptakan kondisi kelas sehingga peserta didik tenang, dan dapat mencari posisi yang nyaman untuk melakukan refleksi?
    • Meminta peserta didik mencatat pertanyaan - pertanyaan panduan refleksi dan menyelesaikannya di rumah.
    • Meminta peserta didik untuk masuk sesi refleksi tanpa mengkondisikan suasana kelas yang panas dna riuh.
    • Mengkondisikan peserta didik untuk mulai duduk tenang dan mencari posisi yang nyaman untuk melakukan refleksi.
    • Mengajak peserta didik untuk hadir lebih awal ke sekolah besok pagi untuk sesi refleksi bersama di kelas.
  30. Bu Dita seorang guru SMK. Pada akhir proses pembelajaran, beliau mengajak peserta didik untuk melakukan refleksi. Dalam proses refleksi, Bu Dita meminta peserta didik untuk bisa berbagi hasil refleksi, namun ketika salah satu peserta didik sedang berbagi, ada peserta didik lain yang asik berbicara dengan teman disebelahnya mengomentari tentang hasil refleksi temannya. Berikut ini yang perlu dilakukan oleh Bu Dita adalah . . . .
    • Menunjuk kedua peserta didik tersebut untuk menyampaikan hasil refleksi
    • Mengajak peserta didik untuk kembali melihat kesepakatan kelas mengenai menghargai orang lain
    • Mengingatkan bahwa semua peserta didik akan diminta untuk menyampaikan hasil refleksi
    • Meminta peserta didik untuk berhenti berbagi dan menuliskan hasil refleksi di catatan pribadi masing - masing
  31. Perhatikan beberapa pertanyaan berikut:
    1. Saya paling puas saat berhasil melakukan ….
    2. Cara yang paling membantu saya dalam memahami topik ini adalah ….
    3. Saya masih perlu belajar lagi saat melakukan ….
    4. Target saya pada pembelajaran selanjutnya adalah ….
    5. Saat belajar minggu ini, saya berhasil melakukan ….
      • Pertanyaan yang tidak tepat ditanyakan saat refleksi bersama murid fase A adalah
    • 1 dan 2
    • 3 dan 5
    • 2 dan 4
    • 2 dan 5
  32. Dalam membuat pertanyaan refleksi yang dapat dijadikan sebagai acuan adalah
    • Fase murid
    • Usia murid
    • Pemahaman murid
    • Pemahaman guru
  33. Perhatikan pertanyaan berikut ini :
    1. Apa saja yang kamu ketahui tentang materi ini sebelumnya?
    2. Bagaimana perasaan kamu tentang pembelajaran hari ini?
    3. Tahapan apa yang kamu lalui untuk menghasilkan tugas/projek ini?
    4. Bagian mana dari pembelajaran hari ini yang kamu sukai?
    5. Kamu ingin memperbaikan perihal ketelitian, bukan?
    6. Kamu suka kan saat Ibu suruh menggambar?
      • Pertanyaan di atas yang KURANG TEPAT untuk mengajak peserta didik berefleksi terkait pengalaman belajar yang sudah di alami adalah . . . .
    • 1 dan 2
    • 3 dan 4
    • 5 dan 6
    • 1 dan 3
  34. Bu Susan seorang guru SMP. Pada setiap akhir pembelajaran, Bu Susan selalu menanyakan kepada peserta didik apakah mereka sudah paham dengan pembelajaran yang dilakukan. Namun para peserta didik lebih cenderung memilih diam. Bu Susan sebenarnya ingin mengajak peserta didik untuk berefleksi. Apa yang bisa dilakukan Bu Susan agar bisa berhasil mengajak peserta didik melakukan refleksi?
    • Menunjuk peserta didik untuk menyampaikan hasil refleksi berdasarkan pertanyaan panduan
    • Meminta semua peserta didik untuk menyampaikan hasil refleksi secara bergantian
    • Mengkondisikan peserta didik dalam posisi duduk yang rileks dan nyaman
    • Meminta semua peserta didik menempelkan hasil refleksi di kertas plano
  35. Bu Indah adalah seorang guru SMA. Beliau sudah menyusun dan menyiapkan beberapa pertanyaan untuk melakukan refleksi pembelajaran, tetapi salah satu muridnya bernama Rendra belum dapat melakukan refleksi dengan mendalam karena belum terbiasa melakukan refleksi. Salah satu cara yang bisa Bu Indah lakukan untuk memfasilitasi Rendra berefleksi adalah
    • Mengulang pertanyaan agar dapat dimengerti oleh Rendra
    • Membiarkan karena hanya satu orang yang tidak melakukan refleksi
    • Memberikan pertanyaan tambahan yang memandu
    • Memberikan kesempatan Rendra melakukan refleksi lain waktu
    • Memanggilnya ke depan kelas untuk melakukan refleksi sendiri
  36. Berikut ini yang perlu menjadi perhatian pendidik ketika menyusun pertanyaan refleksi adalah . . . .
    • Merancang pertanyaan refleksi sesuai dengan fase pemahaman peserta didik
    • Peserta didik diajak untuk berefleksi di tengah lapangan
    • Meminta semua peserta didik untuk menyampaikan/menunjukkan hasil refleksinya
    • Merancang pertanyaan refleksi sesuai dengan keinginan pendidik
  37. Di bawah ini yang termasuk pertanyaan refleksi adalah . . . .
    • Setelah dari sini kamu akan melanjutkan perjalanan kemana?
    • Apa yang kamu rasakan setelah mengikuti pembelajaran ini?
    • Siapa saja teman yang terlibat dalam proyek ini?
    • Proyek apa yang sedang kamu kerjakan saat ini?
  38. Di bawah ini yang termasuk pertanyaan refleksi adalah . . . .
    • Kapan kamu akan pulang?
    • Bagian mana yang menyenangkan dari pembelajaran ini?
    • Apa saja hasil karyamu dalam pembelajaran ini?
    • Apa yang sedang kamu kerjakan saat ini?
  39. Bu Maria adalah seorang guru bahasa SMP. Bu Maria ingin mengajak peserta didiknya untuk melakukan refleksi pembelajaran. Bu Maria telah menyiapkan beberapa pertanyaan untuk memandu proses refleksi pembelajaran tersebut. Bagi para peserta didik, refleksi pembelajaran yang dirancang oleh Bu Maria merupakan sebuah kegiatan baru, dan mereka tidak terbiasa untuk mengungkapkan apa yang dirasakan sehingga dalam proses refleksi yang berlangsung, peserta didik cenderung diam dan tidak berbagi secara lisan. Apa yang dapat dilakukan oleh Bu Maria sehingga proses refleksi pembelajaran ini tetap dapat berlangsung dengan baik?
    • Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan hasil refleksi secara tertulis bagi yang bersedia.
    • Menunjuk beberapa peserta didik untuk menyampaikan secara lisan hasil refleksinya.
    • Menutup sesi refleksi setelah memastikan tidak ada peserta didik yang mau menyampaikan secara lisan.
    • Meminta semua peserta didik untuk mencatat pertanyaan panduan dan menjawabnya kemudian dikumpulkan besok paginya
  40. Perhatikan pertanyaan berikut ini :
    1. Apa saja yang kamu ketahui tentang materi ini sebelumnya?
    2. Bagaimana perasaan kamu tentang pembelajaran hari ini?
    3. Tahapan apa yang kamu lalui untuk menghasilkan tugas/projek ini?
    4. Bagian mana dari pembelajaran hari ini yang kamu sukai?
    5. Apa yang ingin kamu tingkatkan?
    6. Jika ada satu kesempatan untuk mengubah, apa yang ingin kamu ubah dari proyek ini?
      • Pertanyaan di atas yang paling tepat untuk mengajak peserta didik melihat peluang perbaikan dari pengalaman belajar yang sudah di alami adalah . . . .
    7. 1 dan 2
    8. 3 dan 4
    9. 5 dan 6
    10. 1 dan 3


Posting Komentar