Post Test dengan Tema AAP (Ayo Atasi Perundungan) melalui Program Roots Indonesia

Daftar Isi
Berikut post test PMM dengan Tema AAP (Ayo Atasi Perundungan) melalui Program Roots Indonesia. Sebagai catatan apabila tercetak tebal warna hitam semoga benar, dan yang tercetak merah adalah salah
  1. Siapa yang memilih Agen Perubahan dalam Program Roots Indonesia?
    • Kepala Sekolah
    • Guru BK
    • Peserta Didik
    • Komite Sekolah
  2. Hal yang dibutuhkan dalam pendekatan Disiplin Positif adalah....
    • Wibawa dan kepemimpinan
    • Teladan dan ketegasan
    • Kepercayaan dan kepedulian
    • Kepedulian dan Kepemimpinan
  3. Menghargai keberagaman peserta didik dalam Program Roots Indonesia adalah tujuan dari...
    • sportivitas
    • inklusi sosial
    • popularitas
    • elektabilitas
  4. Berikut adalah prinsip pelaksanaan kegiatan Program Roots Indonesia, kecuali:
    • Menyenangkan
    • Aman
    • Eksklusif
    • Inklusif
  5. Di antara hal berikut yang bukan kriteria dari konsekuensi logis adalah..
    • Menghargai
    • Berkaitan
    • Membantu
    • Melecehkan
  6. Berikut adalah hal yang perlu diperhatikan dalam memfasilitasi Program Roots Indonesia...
    • Membatasi komunikasi dengan peserta didik
    • Tidak menghakimi pengetahuan peserta didik
    • Membuat kesepakatan kelas tanpa melibatkan peserta didik
    • Fasilitator menentukan sendiri jadwal pertemuan dengan peserta didik
  7. Tujuan dari Program Roots Indonesia Indonesia, kecuali...
    • mencegah perundungan di sekolah
    • menyebarkan perilaku baik di antara teman sebaya
    • mengajak peserta didik menjaga kebersihan lingkungan
    • memusatkan peserta didik sebagai Agen Perubahan
  8. Salah satu bentuk kesetaraan gender dalam Program Roots Indonesia adalah...
    • Semua peserta didik laki-laki dan perempuan dilibatkan dan seimbang
    • Peserta didik laki-laki lebih banyak dibandingkan perempuan
    • Peserta didik perempuan lebih banyak dibandingkan laki-laki
    • Guru berhak menentukan jumlah peserta didik laki-laki dan perempuan
  9. Di bawah ini adalah bentuk pembelajaran yang bisa dilakukan oleh guru untuk menumbuhkan rasa percaya antar agen perubahan, kecuali
    • Ngobrol yuk
    • Role play
    • Alur berpikir
    • Kotak perubahan
  10. Berikut adalah yang tidak termasuk indikator dari perilaku perundungan?
    • Perilaku agresif
    • Terdapat ketidakseimbangan kekuatan
    • Bersifat fisik
    • Dilakukan berulang-ulang atau berpotensi dilakukan berulang-ulang
  11. Seorang agen perubahan mampu membela temannya yang menjadi korban perundungan dengan menggunakan bahasa yang tegas tapi tetap sopan. Gaya komunikasi yang digunakan oleh agen perubahan adalah:
    • Agresif
    • Submisif
    • Asertif
    • Pasif
  12. Apa saja karakteristik dari sebuah pertemanan/hubungan yang sehat?
    • memaksakan pendapat
    • selalu mengikuti permintaan teman
    • memprovokasi teman
    • mendengarkan ide dan pendapat orang lain
  13. Bagaimana memilih Agen Perubahan Program Roots Indonesia di sekolah?
    • Ditentukan oleh Guru
    • Ditentukan oleh Kepala Sekolah
    • Semua peserta didik bisa mendaftarkan diri menjadi agen perubahan
    • Dinominasikan oleh peserta didik lain di sekolah tersebut
  14. Berikut ini yang bukan merupakan dampak dari perundungan adalah
    • Kurang percaya diri
    • Kesedihan dan kemurungan
    • Mempererat pertemanan
    • Menyakiti diri sendiri atau orang lain, bahkan bunuh diri
  15. Berikut adalah contoh hubungan yang tidak sehat:
    • Menghargai teman
    • Selalu memberikan dukungan positif pada teman
    • Memaksakan kehendak pribadi kepada teman
    • Menolong teman ketika membutuhkan
  16. Siapakah yang membuat kesepakatan kelas dalam pertemuan Program Roots Indonesia?
    • Agen Perubahan
    • Kepala sekolah
    • Wali kelas
    • Guru BK
  17. Seorang peserta didik memarahi temannya secara kasar karena tidak menuruti permintaannya. Gaya komunikasi yang digunakan adalah:
    • Agresif
    • Submisif
    • Asertif
    • Pasif
  18. Aktivitas apa yang dapat dilakukan untuk melatih peserta didik berpikir tentang perundungan yang terjadi di satuan pendidikan?
    • Ngobrol Yuk
    • Ayo Berpikir
    • Kotak perubahan
    • Bermain peran
  19. Siapa yang memiliki pengaruh besar dalam menyebarkan perilaku positif?
    • Kepala sekolah
    • Guru BK
    • Wali kelas
    • Peserta didik
  20. Apa yang selanjutnya dilakukan setelah agen perubahan mengidentifikasi perilaku yang ingin diubah di sekolah?
    • menentukan beberapa perilaku positif apa yang dapat mewujudkan perubahan yang diinginkan
    • membuat Roots Day di sekolah
    • mengajak peserta didik lainnya menjadi agen perubahan
    • melaporkan ke kepala sekolah
  21. Berikut adalah manfaat dari Survey Situasi Perundungan di sekolah oleh agen perubahan, kecuali...
    • mengetahui situasi perundungan yang benar-benar terjadi di kalangan peserta didik
    • sebagai dasar sekolah mengambil kebijakan Program anti perundungan
    • mengetahui pengetahuan peserta didik terkait perundungan di sekolah
    • mengetahui situasi perundungan secara nasional
  22. Dalam perundungan penghinaan verbal, orang yang ikut tertawa disebut dengan...
    • Pengikut
    • Pendukung pasif
    • Pendukung
    • Pembela
  23. Untuk memfasilitasi peserta didik memahami gambaran besar dari program Roots Indonesia, kegiatan yang dapat dilakukan adalah.....
    • Bermain peran ( role play)
    • Mengisi kotak perubahan
    • Konsep "Dulu, Kini dan Nanti"
    • Membuat hashtag
  24. Berikut ini manfaat mengisi Lembar Kerja "Ayo Buat Perubahan", kecuali...
    • melihat apa yang ingin diubah oleh Agen Perubahan
    • melihat perkembangan perilaku peserta didik satuan pendidikan lain
    • mengetahui apa saja langkah-langkah yang Agen Perubahan lakukan untuk membuat perubahan yang diinginkan terjadi.
    • mengetahui perilaku positif apa saja yang dapat membuat perubahan yang diinginkan terjadi
  25. Dalam tindakan perundungan, orang yang tertawa lalu ikut berkomentar buruk, disebut dengan...
    • Pengikut
    • Perundung
    • Pendukung Pasif
    • Pembela
  26. Berikut ini manfaat Survey Situasi Perundungan di Sekolah, kecuali...
    • dapat dijadikan dasar Program pencegahan kekerasan di sekolah
    • menganalisis situasi perundungan di sekolah
    • mengetahui bentuk kekerasan yang terjadi di kalangan peserta didik
    • sebagai media pengaduan kasus perundungan
  27. Berikut ini adalah fungsi Lembar Kerja Impianku, Aksiku, dan Ceritaku, yaitu...
    • membuat daftar perilaku positif
    • mendokumentasikan kasus kekerasan di sekolah
    • merencanakan aksi perubahan di sekolah
    • menyusun rekomendasi penanganan kasus perundungan
  28. Berperilaku positif kepada orang lain dapat dilakukan dengan contoh aksi berikut ini, kecuali...
    • Berempati
    • Mendengarkan cerita teman
    • Menyapa rekan dengan nama orang tua
    • Memuji kebaikan orang lain
  29. Yang harus dipersiapkan untuk kegiatan Roots Day, kecuali....
    • Menyusun Tema
    • Membuat Refleksi
    • Membuat Kepanitiaan
    • Menyusun rencana publikasi
  30. Di bawah ini yang bukan merupakan contoh strategi keberlanjutan Program Roots Indonesia adalah....
    • mendiskusikan perencanaan dengan kepala sekolah dan manajemen sekolah
    • melibatkan agen perubahan sebelumnya sebagai co fasilitator
    • mengintegrasikan Roots dengan ektrakurikuler
    • menjadikan agen perubahan sebagai tim pencegahan dan penanganan kekerasan (TPPK) di sekolah
  31. Proses persiapan Roots Day yang tepat adalah...
    • Melibatkan peserta didik dalam mempersiapkan acara
    • Kepala sekolah dan guru saja yang mempersiapkan acara
    • Guru yang membuat konsep acara dan peserta didik sebagai pelaksana
    • Panitia berasal dari guru dan peserta didik sebagai peserta acara
  32. Yang bukan merupakan aktivitas pada keberlanjutan kegiatan Roots adalah ....
    • Evaluasi kegiatan Roots
    • Diskusi keberlanjutan Program Roots Indonesia
    • Memberikan apresiasi kepada agen perubahan
    • Menyusun Prosedur Operasional Standar pengaduan kasus



Posting Komentar