Post Test dengan Tema Tema Coaching untuk Pemimpin di Satuan Pendidikan
Berikut post test PMM dengan Tema Coaching untuk Pemimpin di Satuan Pendidikan.
Sebagai catatan apabila tercetak tebal warna hitam semoga benar, dan yang tercetak merah adalah salah
Salah satu pola pikir coaching adalah bersikap terbuka. Apa yang membuat kepala sekolah harus bersikap terbuka?
Dapat bersikap netral untuk melihat peluang
Dapat membuat bawahan tidak nyaman
Supaya dapat memberikan solusi
Supaya dapat membuat orang melakukan hal yang diperintahkan
Posisi Kepala Satuan Pendidikan dalam menjalankan proses memberdayakan...
Pemimpin
Pengamat
Mitra
Penyemangat
Salah satu manfaat dari penggunaan coaching sebagai strategi pemberdayaan adalah ...
Pendidik secara sadar mendorong pengembangan potensi diri
Mendorong terjadinya peningkatan nilai akreditasi sekolah
Mewujudkan peserta didik yang lebih aktif di kelas
Mendukung rekan pendidik sehingga merasa nyaman
Salah satu pola pikir coaching adalah bersikap terbuka. Apa yang membuat kepala sekolah harus bersikap terbuka?ukan percakapan berbasis coaching kepada guru?
Meyakinkan guru untuk menerima masukan
Memastikan bahwa guru mendengarkan apa yang diucapkan kepala sekolah
Membuat guru menjalankan apa yang diperintahkan.
Menyadari emosi, pikiran dan perasaan yang timbul dari guru saat menyampaikan pemikiran.
Berdasarkan International Coaching Federation (ICF), definisi coaching mencakup hal-hal berikut ini, kecuali ...
Proses kolaborasi
Diskusi dan arahan
Membangkitkan pemikiran coachee
Memaksimalkan potensi diri
Makna handayani dalam kutipan “tut wuri handayani” memiliki makna ...
Memberdayakan
Mendorong
Mengarahkan
Mengajak
Sebutkan tipe percakapan yang harus ada dalam sesi coaching sesuai prinsip coaching ...
Kepala sekolah mengarahkan guru
Kepala sekolah menggunakan percakapan kreatif dan dua arah
Kepala sekolah memberikan solusi-solusi
Guru mendengarkan kepala sekolah berbicara
Dalam melakukan proses coaching, kepala sekolah pada intinya harus membuat guru dan staf atau coachee …
merasa dinilai
mengakui kesalahan
berdaya menjalani proses perubahan
saling bergantung
MODUL 3
Saat lebih terbuka, kita menjadi tenang dalam menerima pemikiran coachee tanpa…
Berasumsi
Menanyai
Berempati
Menyemangati
Contoh praktik yang tepat dalam mendengarkan rekan pendidik lain secara aktif adalah…
Memerhatikan kata kunci dari cerita rekan pendidik dan melakukan para frasa untuk menyamakan pemahaman
Memberikan nasihat dan saran berdasarkan pengalaman
Memberikan solusi yang sesuai dengan permasalahan rekan pendidik
Memberikan kesimpulan tentang cerita rekan pendidik ketika sudah mengetahui arah pembicaraan
Manfaat jika kepala sekolah menggunakan pertanyaan berbobot dalam percakapan coaching adalah guru ….
merasa nyaman dan mau terbuka
merasa terbebani
berusaha untuk membela diri
tidak peduli
Sesuai dengan definisi coaching menurut International Coaching Federatioan, tujuan coaching adalah untuk … coachee.
Mencapai target
Mengatasi tantangan
Memecahkan masalah
Mengoptimalkan potensi
Bapak lihat kamu ada 5 pertanyaan, yang tidak bisa. Ini memang susah sih ya.. kamu kesulitan ya sepertinya. Pernyataan di atas adalah merupakan salah satu pernyataan yang menghambat untuk menjadi pendengar aktif saat mempraktikkan coaching, yaitu…
Asumsi
Asosiasi
Menyetujui
Menghakimi
Alur TIRTA yang digunakan dalam percakapan coaching untuk kalibrasi, adalah sebagai berikut ...
Tetapkan tujuan, Identifikasi Masalah, Rayakan Solusi, Tanggung Jawab pada perubahan
Tetapkan tujuan, Identifikasi hal baik dan perlu dikembangkan, Rencanakan aksi perubahan, Tanggung jawab
Tetapkan tujuan, Identifikasi ruang berkembang, Rekam jejak perubahan, Tingkatkan konsistensi
Target perubahan spesifik, Identifikasi hal baik, Rencana aksi, Tingkatkan strategi
Berikut ini manakah yang BUKAN merupakan niat dari percakapan coaching untuk perencanaan?
Mendampingi
Mendengarkan
Menjadi teman berpikir
Membantu dengan saran
Berikut ini manakah yang BUKAN pertanyaan yang dapat diajukan saat melakukan percakapan coaching untuk pemecahan masalah?
Ceritakan apa masalahnya?
Bagaimana situasinya saat ini?
Apa faktor-faktor yang menyebabkan masalah terjadi?
Hal-hal apa saja yang sudah bagus
Kepala satuan pendidikan menanyakan apa yang didapatkan dari percakapan yang dilakukan. Hal ini merupakan tahapan ...
Tujuan
Identifikasi
Rencana Aksi
Tanggung Jawab
Mana yang bukan merupakan karakteristik paradigma berpikir coaching:
Kemitraan
Pemberdayaan
Pengarahan
Kemandirian
Berikut ini manakah yang merupakan pertanyaan yang bisa diajukan pada saat melakukan percakapan coaching untuk perencanaan?
Apa yang sekarang jadi disadari?
Hal-hal apa saja yang sudah bagus?
Apa ukurannya kalau tujuan sudah tercapai?
Faktor apa saja yang menyebabkan itu terjadi?
Kepala satuan pendidikan memulai dengan menanyakan pilihan lain yang lebih baik untuk dilakukan, dibandingkan pilihan-pilihan sebelumnya. Hal ini merupakan pertanyaan tahapan ...
Tujuan
Identifikasi
Rencana Aksi
Tanggung Jawab
Dampak positif bagi pribadi yang muncul dari penerapan coaching adalah
Kebebasan
Kejelasan
Kemandirian
Kemerdekaan
Percakapan coaching untuk perencanaan dapat dilakukan pada saat ….
menilai kinerja guru
mengerjakan tugas baru
melaksanakan sebuah kegiatan
menghadapi sebuah tantangan
Semangat yang muncul dalam proses percakapan coaching dalam komunitas adalah:
Memberdayakan
Mendorong
Mengarahkan
Mengajak
Hal-hal berikut ini yang termasuk proses Identifikasi (alur TIRTA) dalam percakapan coaching untuk kalibrasi, adalah ...
1. Merefleksikan hal-hal yang sudah baik pada diri coachee
2. Coach menyebutkan hal-hal yang belum baik pada diri coachee
3. Menyebutkan hal-hal terkait strategi perbaikan yang akan dilakukan coachee
4. Coachee merefleksikan dan menyebutkan hal-hal yang perlu dikembangkan1 dan 2
2 dan 3
1 dan 3
1 dan 4
Salah satu tips yang dapat membantu Kepala Sekolah dalam menerapkan percakapan coaching untuk pemecahan masalah yaitu ...
memberikan saran atas masalah yang dihadapi guru.
tidak terbawa dalam masalah yang dibawa oleh guru.
mengajak guru kembali melihat pengalamannya di masa lalu.
meminta guru langsung memikirkan solusi atas masalahnya.
Kepala satuan pendidikan memulai dengan menanyakan situasi yang terjadi di kelas selama 1 bulan terakhir. Hal ini merupakan tahapan ...
Tujuan
Identifikasi
Rencana Aksi
Tanggung Jawab
Sikap berikut perlu dimunculkan oleh seorang coach dalam percakapan coaching untuk kalibrasi, beserta alasannya:
Mendengar aktif 🡪 agar coachee nyaman bercerita dan mampu memunculkan pemikiran atau ide-ide baru
Peka 🡪 agar bisa menemukan letak kelemahan coachee yang perlu dikembangkan
Ajukan pertanyaan menyelidik 🡪 agar coachee bisa menemukan ruang berkembang diri
Berasumsi 🡪 agar coachee merasa punya teman dengan pengalaman serupa
Percakapan coaching untuk pemecahan masalah dapat terjadi saat guru menghubungi kepala sekolah karena guru ...
mengalami krisis atau membutuhkan bantuan dari luar
memulai sebuah kegiatan
melakukan asesmen formatif
menghadiri pertemuan bersama kepala sekolah
Posting Komentar